Lima Industri ikut menyelaraskan konten perkuliahan di prodi TIF Polije

Lima Industri ikut menyelaraskan konten perkuliahan di prodi TIF Polije

Sebagai kelanjutan dari Focus Group Discussion (FGD) yang telah diadakan pada bulan sebelumnya yang mendapatkan masukan tentang profil lulusan, kini Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika (TIF) Politeknik Negeri Jember (Polije) kembali mengadakan serangkaian FGD dengan mengundang lima perwakilan industri. Industri yang diundang yaitu Algostudio Malang, Dafidea Jember, Ezy Industries Malang, Esolusindo Jember, dan Integra Multi Solusindo Yogyakarta yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak. FGD dibuka pada tanggal 9 Januari 2021 oleh Hendra Yufit Riskiawan, S. Kom., M. Cs. Selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi. Beliau menyampaikan bahwa serangkaian FGD ini merupakan follow up dari Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV) yang dilaksanakan oleh prodi TIF Polije.

Hari pertama FGD mengangkat topik bahasan salah satu konten perkuliahan yang menjadi penunjang kompetensi lulusan prodi TIF yaitu web developer. Dalam kesempatan ini dilakukan paparan dari masing-masing industri tentang tugas dan tanggung jawab seorang web developer, alur kerja, techonology stack yang dipakai, hingga kualifikasi lulusan yang diharapkan. Sesi kedua dilanjutkan paparan konten perkuliahan web developer kepada industri untuk diberikan masukan, dan yang terakhir sesi tanya jawab dari Bapak/Ibu Dosen prodi TIF yang menjadi peserta FGD. Akhmad Syamsul Arifin yang merupakan salah satu narasumber yang diundang dari perwakilan Dafidea Jember memberikan saran pentingnya mengupdate technology stack yang diajarkan ke mahasiswa tentang web developer, sebagai contoh beliau menyarankan untuk menggantik framework Code Iginiter menjadi Laravel. Karena kebutuhan indutsri sudah berkembang menjadi technology stack tersebut.

Hari Kedua FGD berlangsung pada tanggal 16 Januari dengan topik bahasan lain yaitu Mobile Programmer, FGD kedua dilakukan dengan skema diskusi yang sama namun berfokus pada kompetensi pengembangan aplikasi mobile yang diajarkan di matakuliah Workshop Pengembangan Aplikasi Mobile di prodi TIF Polije. Dalam FGD kedua ini M. Rizky Kurniawan yang merupakan Senior Mobile Programmer dari Ezy Industries yang diundang memberikan saran pentingnya diajarkan matakuliah lain yang komprehensif guna mendukung kompetensi mobile programmer seperti: konsep basis data, web services, API, dan lain sebagainya. 

Serangkaian FGD berlangsung selama kurang lebih tiga jam di keseluruhan sesinya dan diikuti oleh hampir keseluruhan dosen prodi TIF yang berjumlah 16 orang sebagai peserta secara daring. Trismayanti Dwi Puspitasari, S. Kom., M. Cs sebagai ketua prodi TIF Polije memberikan keterangan bahwa serangkaian FGD tentang web developer maupun mobile programmer ini bertujuan untuk menselaraskan konten perkuliahan yang diajarkan Bapak/Ibu Dosen agar sesuai dengan kebutuhan di dunia industri. Lebih lanjut Beliau menyampaikan pentingnya peran industri untuk terlibat dalam memberikan masukan di proses pembelajaran agar lulusan prodi TIF dapat terserap sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.


Bagikan Artikel :