[Laporan Kegiatan] Pelatihan Dasar Data Sains

[Laporan Kegiatan] Pelatihan Dasar Data Sains

Dalam rangka pengembangan kompetensi keilmuan bagi dosen dan teknisi setiap Garis di jurusan Teknologi Informasi melakukan banyak sekali pelatihan maupun kegiatan-kegiatan fundamental lainnya, salah satunya yang di sajikan oleh Garis 5 bidang Kecerdasan Buatan di Laboratorium Rekayasa Sistem Informasi (RSI) berkolaborasi dengan PT. Global Data Inspirasi dalam pengadaan Pelatihan Dasar Data Sains.
Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 6-8 April 2021.

Pelatihan ini di ikuti oleh beberapa teknisi dan dosen di jurusan Teknologi Informasi. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Bapak Muhammad Syarif, S.T, M. Eng, dengan pembawaan beliau yang supel materi padat yang beliau bawakan gampang sekali dicerna. Tidak hanya penyampaiannya saja yang sangat "fun" tapi cara beliau membimbing dalam pemahaman konsep maupun praktiknya pun dapat dipahami dengan mudah.

Dalam pelatihan ini materi dibagi menjadi 3 hari dan 3 bagian di antaranya adalah di hari Pertama peserta mendapatkan materi Data Sains dan Data Collection dimana di hari Pertama ini Bapak Syarif menjelaskan tentang Definisi Data Sains, Pengenalan Siklus Proyek Data Sains, Koleksi Data dan Streaming Media Sosial. Di Hari ke 2 materinya adalah Data Cleaning dan Transformation yang berisi tentang Data Cleaning, Selection, Transformasi, Integrasi, Konsep Join, Merge pada Data dan bagaimana cara Membuat Dataset.

Di hari terakhir peserta mendapat materi tentang Clustering dan Classification yang isinya adalah Definisi dan Konsep Clustering, baik Algoritma dan Evaluasinya, Karakteristik Datanya begitu juga Cluster dan Algoritma Clusteringnya selain itu juga di hari terakhir ini ada juga materi Definisi dan Konsep Dasar Klasifikasi yang di dalamnya membahas tentang Algoritma dan Evaluasi Klasifikasi.

Begitulah kegiatan yang di sajikan oleh Garis Kecerdasan Buatan dan PT. Global Data Inspirasi yang harapannya dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan baru bagi teknisi maupun dosen di jurusan Teknologi Informasi.

(rhiie)


Bagikan Artikel :