[Activity Report] Pertemuan Pertama Sharing Biro Game Dev #1

[Activity Report] Pertemuan Pertama Sharing Biro Game Dev #1

Minggu, 4 april 2021 pukul 09.00 WIB diadakan Sharing Biro Game Dev ke 1. Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Infromasi. Yang dihadiri oleh mahasiswa dan umum. Pemateri berasal dari Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi yang merupakan anggota tim riset Biro Game Dev yaitu M. Bacharuddin Ilman dan Adam Dwi. Hadir juga dalam acra Sharing Biro Game Dev pertama ini M. Tahajuddin Arofi sebagai CO Biro Game Dev dan anggota yang lain ada Indra Wirawan dan Prasetyo Dwiki.

Kegiatan Sharing Biro Game Dev dimulai dengan penjelasan mengenai Game Development oleh pemateri. Game Developent merupakan pekerjaan menciptakan video game. Area pekerjaannya mencakup pembuatan audio, desain grafis permainannya, seni visual, juga produksi aplikasinnya. Fitur-fitur dasar dalam sebuah game, seperti menciptakan karakter dan alur cerita, menyusun desain dan mekanisme permainan, juga mendokumentasikan proses desain permainan bakal menjadi makananmu seharti-hari.

Menurut pemateri peran dan tanggung jawab sebagai Game Development yaitu :

  1. Membuat suatu permainan dengan Bahasa pemogaman tertentu yang nantinya akan di publikasikan.
  2. Merancang suatu game, termasuk menentukan alur, tipe, dan tampilan dari game tersebut.
  3. Membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game.
  4. Membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu karakter yang akan digunakan pada game yang akan dibuat.
  5. Menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membangun suasana dari game tersebut.

Selain peran dan tanggung jawab tersebut, sebagai seorang game development juga harus mempunyai pengetahuan dan keahlian, yaitu sebagi berikut :

  1. Kemampuan berpikir kreatif

Dalam pembuatan game development ini dibutuhkan kemmapuan berpikir kreatif yang artinya kita harus membuat ide-ide kreatif dalam menentukan desain animasinya, untuk daya saing dalam game development ini juga sangat banyak.

  1. Kemampuan bekerja dalam tim

Dengan kemampuan bekerja dalam tim juga dibutuhkan dalam pembuatan game development dikarenakan pembuatannya ini tidak dikerjakan secara mandiri melainkan membutuhkan tim dan banyak waktu yang dibutuhkan.

  1. Keterampilan desain

Keterampilan desain ini dibuat dengan menentukan desain animasi yang akan dibuat, dengan membuat semenarik mungkin.

  1. Pemahaman Coding

Pemahaman coding ini seperti variable yang akan di buat dan memakai variable yang bagaimana.

  1. Pemahaman programming

Dalam pembuatan game development ini diperlukan pemahaman programming, program-program apa yang akan dibuat dan dijalankan untuk pembuatan game development ini.

  1. Penguasaan Bahasa asing

Penguasaan Bahasa asing ini sangat diperlukan dalam pembuatan game development dimana banyak istilah lain yang menggunakan Bahasa asing yang harus di kuasai.

Setelah pemateri menjelaskan, selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Ada beberapa informasi tambahan yang didapat dalam Sharing Biro Game Dev ini selain dasar-dasar game development. Akan dibuatkan perlombaan game untuk mengasah bakat dan minat dalam bidang game. Untuk saat ini masih proses survey pemilihan game yang akan di kompetisikan, hasil tertinggi pemilihan game akan dilaksanakan. Dalam kegiatan perlombaan game nantinya anggotan boleh dari umum, yang penting masih terjangkau daerah jember agar dapat komunikasi dengan mudah.

Untuk tempat Departemen Keilmuwan sudah mempunyai tempat khusus yang bisa digunakan untuk bertemu teman-teman, bisa sharing pengalaman, dan juga bisa saling bantu.

Kegiatan Sharing Biro Game Dev ini akan diadakan kembali sesuai dengan agenda yaitu :

  1. Pertemuan 1 dasar-dasar game development.
  2. Pertemuan 2 aplikasi apa saja yang diperlukan untuk membagun game.
  3. Pertemuan 3 contoh dan pengertian game engine.
  4. Pertemuan 4 praktek membuat game.
  5. Pertemuan 5 praktek membuat game.
  6. Pertemuan 6 praktek membuat game.
  7. Pertemuan 7 praktek membuat game.

Lebih banyak agenda Sharing Biro Game Dev adalah praktek membuat game. Agar peserta bisa mencoba selain mengetahui teori yang didapat. Tips dari pemateri pada Sharing Biro Game Dev pertama ini adalah pemula dapat mulai mempelajari pengertiannya, apa-apa saja tools yang digunakan, fungsi-fungsinya, dan berlatih seperti membuat objek animasinya dan dapat mencari referensi di Youtube.


Bagikan Artikel :