Berkolaborasi dengan Datains ID, HMJTI Polije sukses selenggarakan Webinar tentang Big Data dan AI

Berkolaborasi dengan Datains ID, HMJTI Polije sukses selenggarakan Webinar tentang Big Data dan AI

Salah satu wujud komitmen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember (JTI-Polije) dalam menguatkan kerjasama dengan industri, yaitu kolaborasi penyelenggaraan event dikusi ilmiah bersama PT Global Data Inspirasi (Datains.id) dalam hal Big Data & AI. Kali ini pengorganisasian kegiatan diamanahkan kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember (HMJTI Polije) dalam bentuk Webinar yang dapat diikuti oleh mahasiswa polije maupun civitas akademika dari berbagai institusi.

Kegiatan Webinar tentang Big Data dan Artificial Intelligent (AI) yang diselenggarakan HMJTI Polije yang bertemakan "Dari Akademisi Bersama Industri" mendapatkan animo yang bagus dari khalayak, terbukti dalam tiga hari pendaftaran kegiatan sudah mencapai lebih dari 1000 peserta yang akan mengikuti. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan di Hari Sabtu, 17 April 2021 seluruh peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir kegiatan.

Webinar Big Data dan AI pertama dibuka oleh Hendra Yufit Riskiawan, S. Kom, M. Cs. selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi Polije, dalam opening speech beliau menyampaikan pentingnya pengolahan Big Data dan kompetensi implementasi AI dalam proses penelitian dalam dunia akademis maupun kepentingan pengambilan keputusan bisnis. Selanjutnya sesi diskusi ilmiah dipandu oleh Eka Fahrika Nariswari yang merupakan salah satu mahasiswi JTI Polije. 

Narasumber pertama diisi oleh Ery Setiyawan Jullev Atmadji, S. Kom., M. Cs, yang merupakan peneliti dalam Grup Keahlian dan Riset (GARIS) IV - BIg Data memberikan paparan tentang perjalanan riset tentang Big Data secara umum,  dan secara khusus case studi riset yang dilakukan di GARIS IV Polije. Narasumber selanjutnya disampaikan oleh Muhammad Syarif, S. T., M. Eng. adalah seorang data scientist di Datains ID menyampaikan penjelasan tentang implementasi Big Data dan AI di berbagai studi kasus.

Indikator kesukssesan penyelenggaran Webinar Big Data dan AI yang diselenggarakan HMJ-TI adalah animo peserta yang berjumlah sekitar 500 orang yang terdiri dari akademisi maupun praktisi dari berbagai institusi di Indonesia mengikuti event ini dari awal sampai akhir. Selain itu dari form kuisioner evaluasi kegiatan mayoritas peserta memberikan feedback positif terhadap paparan para narasumber. Namun karena keterbatasan waktu, sebenarnya masih banyak pertanyaan dari peserta webinar yang belum sempat didiskusikan. Salah satu peserta memberikan apresiasi atas Webinar Big Data dan AI, karena kegiatan ini inspirasi bagaimana institusi akademis seperti JTI-Polije dapat berkolaborasi dengan salah satu industri seperti Datains, dalam kegiatan diskusi ilmiah maupun kegiatan riset bersama sebagai kelanjutannya.

Dokumentasi kegiatan dapat disimak kembali melalui Youtube:


Bagikan Artikel :