Sharing dan Diskusi tentang Data Preparation Bersama Datains

Sharing dan Diskusi tentang Data Preparation Bersama Datains

Big Data dan Artifical Intelligence (AI) merupakan bidang yang banyak dibutuhkan seiring dengan revolusi industry 5.0. Sehingga kebutuhan kompetensi seorang data saintis, data engineer, maupun machine learing engineer untuk mengolah data di suatu institusi/perusahaan sangat tinggi. Dalam tahapan metodologi datasains, proses data preparation menjadi proses yang paling mendominasi dalam pengembangan proyek berbasis AI. Data preparation dilakukan oleh tim pengembang mulai dari : menentukan objek, memilah data, membersihkan data, memvalidasi data sampai mengkonstruksi data.

Dasar teoritis tentang data preparation memang sudah banyak tertulis di berbagai buku maupun  jurnal ilmiah. Namun terkadang implementasi dalam proyek nyata banyak dilakukan improvisasi sesuai kasus yang dihadapi. Menurut riset 80% waktu dan effort dalam proyek pengembangan model datasains habis pada proses data preparation. Sehingga topik “Data Preparation” menjadi sangat menarik untuk didiskusikan di dalam forum ilmiah.

Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember (JTI-Polije) menjadi perguruan tinggi vokasi yang menghasilkan lulusan di bidang IT ingin menyelenggarakan suatu forum diskusi ilmiah yang secara spesifik membahas topik “data preparation” dari perspektif teori ilmiah yang sudah ada. Sedangkan dalam perpektif terapan di dunia industri, JTI-Polije menggandeng mitra dari PT. Global Data Inspirasi (datains) sebagai perusahaan di bidang Big-Data dan AI.

Tujuan Kegiatan : (1) Forum Sharing dan Sharing Ilmiah antar peneliti maupun praktisi,  (2) Menciptakan peluang kolaborasi dan kemitraan baru antar institusi pendidikan maupun industri, (3) Memberikan insight baru tentang teori data preparation dan penerapannya pada kasus nyata, dan (4) Sarana promosi JTI-Polije dan Datains.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 dengan dihadiri sekitar 200 peserta secara daring, terdiri dari 80% adalah mahasiswa JTI Polije, 5% alumni JTI-Polije dan 15% dari kalangan akademisi/profesional dari berbagai institusi. Sharing dan diskusi dipandu oleh Intan Sulistryaningrum S., S. Pd., M. Eng. yang merupakan dosen D4 Teknik Informatika Kampus 4 PSDKU Polije. 




Narasumber yang pertama adalah Elly Antika, S. T., M. Kom merupakan dosen D4 Teknik Informatika kampus utama polije, beliau memaparkan konsep dan teori data preparation yang digunakan. Sedangkan narasumber kedua yang sharing adalah Choirudin Emcha, S. Kom., M. Eng. yaitu seorang data engineer yang memberikan contoh implementasi pada kasus nyata data preparation dengan menggunakan bahasa pemrograman python. Kegiatan dilanjut dengan diskusi dengan para peserta yang hadir dengan tanya-jawab kepada narasumber maupun sharing knowledge tentang pengalaman peserta dalam melakukan data preparation.

Kegiatan sharing dan diskusi ditutup dengan memberikan kuis kepada para peserta yang hadir untuk mengukur pemahaman materi yang telah diberikan, tercatat ratusan peserta yang hadir secara daring antusias mengikuti kuis yang diberikan. "Harapan dari kegiatan ini dapat meningkatkan eksosistem/budaya ilmiah di Politeknik Negeri Jember, khususnya di Jurusan Teknologi Informasi. Maupun dapat memperat kerjasama dengan mitra Dunia Usaha / Dunia Industri" ungkap Hendra Yufit Riskiawan, S. Kom., M. Cs. Ketua Jurusan Teknologi Informasi dalam oppening speech yang beliau sampaikan.



Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Sharing dan Diskusi tentang Data Preparation bersama Datains :


Bagikan Artikel :