Integrasi hasil riset ke pembelajaran bersama Datains dalam bentuk Workshop Basic Datascience

Integrasi hasil riset ke pembelajaran bersama Datains dalam bentuk Workshop Basic Datascience

Seiring dengan tantangan revolusi industri 4.0 dan perkembangan kebutuhan di dunia kerja, civitas akademika Politeknik Negeri Jember (Polije) terus berkarya khususnya di bidang keilmuan data sains. Salah satu kontribusi penelitian yang dilakukan di akademika Jurusan Teknologi Informasi (JTI) di bidang data sains adalah terkait riset terapan Intoleran-AnalysisIntoleran Analysis adalah salah satu fitur produk digital yang dimiliki oleh mitra DU/DI polije yaitu PT. Global Data Inspirasi (Datains) yang berfungsi membantu mengukur level intoleransi pengguna media sosial. Saat ini dalam pengembangan fitur produk yang bernama Semantic.id, Datains bekerja sama dengan tim riset di JTI-Polije.

Pada pengembangan fitur produk digital Intoleran Analysis selain berkolaborasi dengan mitra DU/DI tentunya melibatkan dosen, teknisi, maupun mahasiswa JTI Polije. Sebagai langkah awal dalam melibatkan mahasiswa di proses riset,  dibutuhkan knowledge maupun kemampuan dasar di bidang datasains. Sehingga JTI Polije menyenggarakan Workshop Basic Data Science khusus untuk mahasiswa calon tim periset yang telah dilakukan pada saat libur perkuliahan semester dimulai tanggal 17 Januari sampai dengan 11 Februari 2022. 

Kegiatan Workshop Basic Data Science memiliki berbagai kelas dengan pertemuan di setiap minggunya. Kelas pertama merupakan kelas Matematika yang diampu oleh Ely Antika, S. T., M. Kom., dalam kelas ini mahasiswa calon periset diajarkan terkait berbagai macam logika dasar informatika maupun dasar membaca notasi matematika. Kelas kedua diampu oleh pemateri dari Industri yaitu Niki Hidayati, S. Kom., M. Eng. Beliau memberikan kemampuan dasar bahasa pemrograman Python dalam mengolah data. Kelas ketiga mengajarkan fundamental dari datascience dimulai dari pengenalan, konsep, maupun tren riset yang berkembang saat ini.

Selama kegiatan workshop diselenggarakan dengan konsep blended-learning, dimana maksimal 15 peserta hadir secara luring dengan penerapan protokol kesehatan di Laboratorium Rekayasa Sistem Informasi JTI-Polije sedangkan 30 peserta lainnya mengikuti di ruang virtual zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari tiga program studi yaitu D4 Teknik Informatika, D3 Manajemen Informatika maupu perwakilan dari D3 Teknik Komputer JTI-Polije. Peserta yang mengikuti workshop ini adalah peserta yang terpilih dengan memiliki interest penelitian di bidang datasains. 

Pada akhir Workshop Basic Datascience juga dilakukan sharing hasil awal penelitian dari mahasiswa tim periset no-hatespeech-club, yaitu Franciska Wulandari yang membagi pengalaman terlibat dalam grup riset dalam melakukan crawling data dari platform twitter dan pemrosesan data lanjutannya. Mahasiswa tim riset kedua yang sharing adalah Abdul Kholiq dengan materi tentang berbagai model klasifikasi data dan machine learning. Kegiatan sharing antar mahasiswa ini juga sebenarnya rutin dilakukan dalam kegiatan kemahasiswaan di HMJTI.

M. Angga Gumilang, S. Pd., M. Eng. yang merupakan pemateri ketiga sekaligus ketua tim periset no-hatespeech-club mengatakan bahwa diharapkan mahasiswa JTI-Polije dapat memiliki kemampuan dasar dalam melakukan penelitian tugas akhir / skripsi di bidang datasains. Selain itu kolaborasi dengan mitra DU/DI juga penting dilakukan untuk memberikan pengalaman mahasiswa dalam bekerja menyelesaikan kasus nyata di industri, melalui kegiatan magang, kolaborasi riset, maupun workshop yang diselenggarakan Datains bersama JTI-Polije seperti ini.

Panitia pelaksana kegiatan menyampaikan terimakasih untuk berbagai pihak, yang utama kegiatan ini terselenggara sebagai output hasil penelitian terapan sumber dana LPDP dari grant riset direktorat Kemitraan dan Penyelerasan DUDI Dirjen Vokasi Kemdikbudristek tahun anggaran 2022. Output penelitian yang dimaksud yaitu integrasi hasil riset ke dalam pembelajaran di kampus. Selain itu mitra DU / DI JTI Polije yaitu PT. Global Data Inspirasi yang terus berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan maupun penelitian dengan kampus, serta support dari grup keahlian dan riset (GARIS) V - Kecerdasan Buatan dalam pelaksanaan kegiatan riset.

dokumentasi kegiatan workshop basic data science dapat dilihat dalam :




Bagikan Artikel :