Mahasiswa TIF menjadi salah satu presenter ICST 2022

Mahasiswa TIF menjadi salah satu presenter ICST 2022

The 8th International Conference on Science and Technology (ICST) merupakan salah satu konferensi ilmiah internasional yang diselenggarakan oleh Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Konferensi tahunan yang telah berlangsung selama 8 tahun ini diselenggarakan secara virtual tanggal 7 s.d 8 September 2022. ICST juga terdapat lima simposium dalam berbagai bidang keilmuan, salah satu bidang simposium adalah Computer and Information Technology symposium. Dalam simposium ini akademisi/ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dari berbagai negara diundang untuk mempresentasikan hasil risetnya yang terbaru. 

Abdul Kholiq merupakan mahasiswa Teknik Informatika (TIF) angkatan masuk tahun 2018 berkesempatan mengikuti event ini. berawal dari hasil skripsi yang berjudul "Analisis Sentimen terhadap Akun Tokoh Publik berdasarkan Tweet Reply dengan Metode Naive Bayes", kemudian dikembangkan dengan menambahkan dataset serta mengkombinasikan dengan berbagai metode. Sehingga dihasilkan riset baru dengan judul "Sentiment Analysis Based on Tweet Reply in Public Figure Account Using Machine Learning and Latent Semantic Analysis". Hasil riset tersebut kemudian ditulis dalam format paper IEEE berbahasa inggris, lalu di submit melalui ICST. Setelah melalui proses review dan revisi berdasarkan komentar reviewer, makalah tersebut dinyatakan diterima untuk dipresentasikan pada simposium bidang IT.

Paparan hasil riset yang dikemukakan Abdul Kholiq terdiri dari latar belakang, tahapan penelitian, sampai hasil ujicoba data beserta akurasi algoritmanya. Paparan disampaikan dalam media video yang telah direkam sebelumnya, untuk sesi tanya jawab dilakukan langsung saat berada dalam parralell session bersama peserta lain. Setelah kegiatan ini berlangsung, Abdul Kholiq yang juga merupakan calon yudisi Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember,  memberikan komentar bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih kesiapan jika ingin melanjutkan studi di jenjang S2 karena di tingkat tersebut mahasiswa dituntut untuk mempublikasikan hasil risetnya di forum ilmiah seperti konferensi internasional.

Kegiatan publikasi ilmiah dan diseminasi hasil penelitian yang dilakukan Abdul Kholiq merupakan hasil program penelitian riset keilmuan terapan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DU/DI) Kemdikburistek. Program ini didanai penuh oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Berikut rekaman video presentasi beserta dokumentasi kegiatan :

 


Bagikan Artikel :