Artikel

[Hari Ke-2] In House Training Sistem Informasi Geografis Turun Langsung ke Lapangan

    Dibaca 225 kali

Pada hari sebelumnya tentang In House Training Sistem Informasi Geografis oleh Prof. Dr. Indarto, STP, DEA, peserta mengikuti kegiatan ini hanya berada di Lab. Rekayasa Sistem Informasi dimana kegiatan ini diselenggarakan, pada hari kedua ini peserta ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan untuk melakukan tracking lokasi untuk melakukan pemetaan.

 

Peserta dari 19 orang dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing tugasnya, kelompok 1 melakukan pemetaan wilayah untuk lokasi sekitar POLIJE, kelompok 2 melakukan pemetaan untuk gedung-gedung yang berada di dalam lingkungan POLIJE, dan kelompok 3 melakukan pemetaan rute atau jalan yang berada di dalam lingkungan POLIJE.

 

Masing-masing didampingi oleh 3 orang instruktur yang mendampingi dan peserta juga diberikan sebuah GPS (Global Positioning System) untuk menyimpan hasil tracking yang kelompok ini lalui dengan tujuan nantinya hasil dari tracking GPS bisa di import ke komputer untuk pengolahan lebih lanjut.

 

Setelah semua kelompok selesai penyusuran lokasi, lalu kembali ke Lab. Rekayasa Sistem Informasi sembari istirahat coffe break, peserta kembali melanjutkan kegiatan pelatihan SIG untuk mengimport hasil tinjau lapangan tadi.

 

Pada akhir kegiatan peserta diberi ujian evaluasi atas semua materi yang diberikan untuk dilakukan penilaian dan juga mengisi beberapa kuisioner tentang pesan dan kesan pada kegiatan kali ini.
(djuliar)