Artikel

Kegiatan Praktek Lapang Manajemen Informatika Ke Diskominfo dan RADNET Surabaya

    Dibaca 1075 kali Kegiatan

Guna pencapaian Tujuan Instruksional Umum (ITU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK) pada mata kuliah Manajemen Basis Data dan Sistem Informasi Geografis, Jurusan Manajemen Informatika Semester 4 Politeknik Negeri Jember mengunjungi Diskominfo Jatim dan RADNET Surabaya pada Selasa (25/4) siang.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan efisiensi waktu, Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu 30 orang berkunjung ke Data Center Pemprov Jatim dan sebagian besar sisanya pergi ke Data Center RADNET Surabaya.

 

Ketua Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Jember, Dwi Putro Sarwo, S.Kom, M.Kom, menyampaikan kunjungan tersebut untuk mengetahui alur proses, tahapan pengembangan dan pengelolaan basis data pada ruang Data Center Pemprov Jatim dan RADNET Surabaya. "Ini sangat penting kami lakukan karena demi mengembangkan program mata kuliah," kata P. Dwi.

 

Sementara di Diskominfo jatim Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Hagung Sipri, menjelaskan bahwa Diskominfo Jatim menyediakan kebutuhan  bandwidth dan Intranet bagi Organisai Perangkat Daaerah (OPD). Dalam hal ini termasuk jaminan konektifitas, ketersediaan dan pemeliharaan sepenuhnya menjadi tanggung jawa Diskominfo. Dalam Pertemuan juga dijelaskan tentang perkembangan penggunaan bandwidth, dan kondisi jaringan bandwidth yang akan datang.

 

Setelah melakukan pertemuan mahasiswa diperkenankan mengunjungi ruang Data Center dan Office tempat untuk mengetahui kegiatan sehari-hari pegawai Diskominfo Jatim dan RADNET Surabaya dalam bekerja. (dja)

 

Lihat Galeri