Focus Group Discussion Bersama Alumni Jurusan Teknologi Informasi

Focus Group Discussion Bersama Alumni Jurusan Teknologi Informasi

Dalam rangka penyesuaian profil lulusan program studi dan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa, dosen dari Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember melakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019. Dengan adanya kegiatan ini merupakan program Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember untuk menyiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Dalam FGD yang dipandu oleh moderator Bapak Yogiswara, S.T., M.T., turut mengundang empat alumni program studi Teknik Komputer dan Manajemen Informatika sebagai panelis, diantaranya adalah (1) Andre Askar Prima, Alumus MIF 2003, Supply Chain Manager PT Mangli Djaya Raya, (2) Eko Grandy Kristandhi, Alumus MIF 2005, CEO PT Kris Foundation Group, (3) Eka Marreta Andriyan, Alumnus TKK 2009, Network Admin Diskominfo Situbondo, dan (4) Hidayah Ramadhan, Alumnus TKK 2011, R&D Network Engineer Biznet Indonesia. FGD ini juga diikuti oleh dosen di Jurusan Teknologi Informasi sebagai peserta.

Selama kegiatan FGD yang berlangsung di ruang rapat ini, moderator terlebih dahulu mempresentasikan mengenai profil lulusan di ketiga program studi pada Jurusan Teknologi Informasi dan program PKL. Walaupun hanya berlangsung sehari, kegiatan FGD yang membahas profil lulusan dan PKL berlangsung sangat efektif. Setelah moderator membuka paparan bahan diskusi, kegiatan selanjutnya diisi dengan sesi diskusi membahas profil lulusan dan PKL bersama panelis yang diundang. Kehadiran para alumni yang diundang dalam FGD banyak memberikan saran untuk perumusan profil lulusan dan perbaikan program PKL, diantara saran yang diberikan alumni adalah penguatan kemampuan softskill lulusan Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember agar dapat bersaing dan keleluasaan pemilihan tempat PKL yang sesuai dengan passion untuk memberikan kesempatan belajar mahasiswa akan hal baru di industri. Semua saran yang diberikan para alumni dalam FGD akan menjadi bahan penyempurnaan program di Jurusan Teknologi Informasi, khususnya untuk peningkatan kualitas dan mutu pendidikan.

Setelah sesi presentasi dan diskusi, kegiatan ini dilanjutkan dengan serah terima cinderamata dan sertifikat untuk para alumni FGD yang telah bersedia menjadi panelis. Kegiatan FGD juga bersamaan dengan serangkaian acara temu alumni Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember pada hari yang sama. Kegiatan FGD dan temu alumni juga akan diselenggarakan setiap tahun di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember sebagai bentuk komitmen untuk melibatkan berbagai stakeholder dalam program pengembangan jurusan.


Bagikan Artikel :