Perwakilan Jurusan TI JUARA 3 PAC (Polinema Mobile Apps Competition)

Perwakilan Jurusan TI JUARA 3 PAC (Polinema Mobile Apps Competition)

Pada tanggal 12 Oktober 2019 di Politeknik Negeri Malang terdapat salah satu even kompetisi yang diselenggarakan oleh Workshop Riset Informatika dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang yaitu Final Polinema Mobile Apps Competition (PAC) yang diikuti 6 peserta yang lolos di final yang sebelumnya lulus pengajuan proposal dan pembuatan karya yang telah disubmit pada tanggal 30 September 2019.

Perwakilan dari Politeknik Negeri Jember Jurusan Teknologi Informasi menjadi salah satu yang lolos ke final PAC tersebut dan dikirim ke Polinema untuk melakukan presentasi produk dan karya dalam Mobile Application. Team tersebut yaitu Muhammad Yusuf, Gea Ayu Wulandari dan Vyan Ary Pratama yang tergabung dalam team bernama PEJUANG HEBAT yang dibimbing oleh Ibu Ratih Ayuninghemi, S,ST. M.Kom. dengan karya berjudul SISIR KAYU MANIS (Aplikasi Kasir Kantin untuk Manajemen Bisnis).

Aplikasi tersebut digunakan untuk pegawai kantin dan owner untuk memantau hasil penjualan dari proses bisnis kantin tersebut, studi kasus yang diambil pada aplikasi ini yaitu di Kantin SD Pelita Hati Jember. Pada aplikasi ini terdapat fitur Transaksi Penjualan, Transaksi Pembelian, Data Barang, Biaya Tetap dan Tidak Tetap, Laporan Harian, Bulanan dan Tahunan, serta Laporan Laba Rugi. Kelebihannya aplikasi ini bisa bertransaksi penjualan dengan scan barcode barang. sehingga kasir tidak perlu lagi memasukkan secara manual kode barang dan total penjualan bisa dicetak ke dalam struk penjualan. Team menyebutkan dilain hari aplikasi ini akan dikembangkan lebih banyak lagi fitur antara lain fitur akuntansi dan inventory dan penambahan dashboard grafik penjualan dan pendapatan.

Dalam kegiatan ini team Pejuang Hebat mendapatkan Juara ke 3 dengan total hadiah Rp. 2.500.000, trophy dan sertifikat.  Semoga kemenangan ini menjadi pemicu semangat bagi teman-teman yang lain di Jurusan Teknologi Informasi agar senantiasa selalu berinovasi dan berkarya dalam bidang-bidang lainnya.

(djuliar)



Bagikan Artikel :