Kegiatan Lanjutan DTS : Pembentukan Startup Alumni VSGA DTS 2019

Kegiatan Lanjutan DTS : Pembentukan Startup Alumni VSGA DTS 2019

Dalam  rangka  memobilisasi  dan  mengorkestrasi  sosiopreneur  untuk  akselerasi pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia khususnya untuk menumbuhkan potensi daerah Kabupaten Jember, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jember ingin membentuk dan melatih dalam sebuah startup yang diwakilkan oleh 5 alumni DTS VSGA periode 1 dan 2 dari  setiap Skema Pelatihan dalam DTS VSGA. Adapun startup yang akan dibentuk adalah startup bidang pertanian, peternakan, ketahanan pangan dan  transportasi.

Kegiatan pembentukan startup ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19-20 Februari 2020 dengan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kominfo Surabaya Ibu Eka Handayani, SE., MM., Owner Maksiplus Utama Indonesia Bapak Salies Apriliyanto, ST. serta perwakilan Direktur Politeknik Negeri Jember oleh Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama Bapak Dr. Ir. Nantil Bambang Eko S., M.Si.

Kegiatan dimulai dari registrasi peserta / alumni yang sebelumnya telah diundang oleh panitia, tepat pada waktu menunjukkan 13.00 acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan Doa agar kegiatan dua hari kedepan berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan diadakannya kegiatan pembentukan startup ini. Sambutan pertama oleh Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, beliau turut mengucapkan terima kasih kepada pihak Polije telah berkenan memberikan fasilitas yang bagus dalam kegiatan ini. Sambutan kedua oleh Wakil Direktur 4 Bidang Kerjasama,  bapak Nantil Bambang berpesan semoga kegiatan pembentukan startup ini memberikan manfaat terhadap perkembangan teknologi informasi khususnya bisa membantu mengembangkan potensi daerah kabupaten Jember dalam berbagai bidang.

Kegiatan hari pertama pembentukan startup dipimpin oleh bapak Salies Apriliyanto, ST. dengan memberikan beberapa materi untuk memicu munculnya ide-ide kreatif dari peserta. selanjutnya peserta dipandu untuk membentuk kelompok dengan paduan antara alumni Aplikasi Mobile, Web, Design Grafis dan Jaringan untuk saling berbagi ide atau brainstroming. output akhir dari hasil diskusi ini kelompok peserta menghasilkan sebuah prototype aplikasi startup yang akan di presentasikan di hari berikutnya.

Kegiatan hari kedua peserta mengasilkan 3 aplikasi startup yaitu D'Jasik (Jember Asik) merupakan aplikasi marketpalce dan pariwisata dengan mengangkat komoditas utama Kabupaten Jember 4C (Culture, Coffe, Chocolate, Cigar). D' MustRoom merupakan aplikasi marketplace yang fokus kepada potensi usaha rumah kos dengan memanfaatkan kebutuhan peralatan rumah kos dengan target mahasiswa dan karyawan. D'Berkah (Jember Kasih) merupakan aplikasi manajemen atau menghimpun serta mempermudah masyarakat untuk membayar zakat, infaq, dan shodaqoh dan juga menggalang donasi dalam rangka meningkatkan kepedulian antar sesama masyarakat Jember.

Akhir dari kegiatan ini tiga aplikasi startup ini nantinya akan dilaporkan kepada pihak Pemerintahan Kabupaten Jember agar menjadi poin acuan untuk mengembangkan potensi Kabupaten Jember dengan memanfaatkan media teknologi informasi.


Bagikan Artikel :