Mahasiswa Lintas Jenjang D4 Teknik Informatika Juara 3 Dinus Application Competition

Mahasiswa Lintas Jenjang D4 Teknik Informatika Juara 3 Dinus Application Competition

Dinus Application Competition adalah Ajang kompetisi pengembangan aplikasi terbuka untuk semua produk aplikasi tingkat nasional yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Dian Nuswantoro Computer Club, dimana kegiatan ini ditujukan kepada Pelajar, Mahasiswa dan Umum diseluruh indonesia, dengan kategori yang tersedia. Tema Lomba pada ajang ini yaitu "Solve Social Economic and Culture Problem In Indonesia". Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengembangkan kreatifitas dan jiwa technopreneurship yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan di Era Globalisasi saat ini.

Perwakilan Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember turut memeriahkan kompetisi tersebut dengan mengirimkan salah satu tim terbaik dengan menjadi finalis dalam ajang tersebut. Tim ini bernama JinggoLabs dengan Anggota Tim antara lain Rahmat Ramadhan Putra (E41190110), Muhammad Iqbaal (E41190054), Nurkholis (E41190091) mahasiswa lintas jenjang Teknik Informatika yang di bimbing oleh Ibu Trismayanti. Polije meraih juara 3 dalam Lomba Dinacom Apps Kategori Mahasiswa dengan melombakan sebuah aplikasi bernama SISDA (Sistem Informasi Desa).


Aplikasi SISDA ini merupakan Sistem Informasi Desa dimana di dalamnya terdapat sebuah manajemen layanan desa antara lain Profil Desa, Administrasi Kependudukan, Administrasi Surat Menyurat, Agenda Kegiatan dan Informasi Pembagungan Desa, Transparansi Anggaran Desa, Pengaduan Masyarakat. Aplikasi ini berbasis Website dan Android pada Link Ini. Sampai saat ini sistem informasi ini telah diimplementasikan pada sebuah desa rekanan yaitu Desa Rowo Tengah Kabupaten Jember yang bisa diakses pada rowotengah.com.

Ajang ini dimulai dari pendaftaran pada 17 Desember 2019 - 13 Februari 2020, dan pengumuman lolos semifinal pada tanggal 29 Februari 2020 sehingga menyisakan 8 Semi Finalis. Dalam kegiatan lomba tim melakukan presentasi dan demo program kepada para Juri antara lain 1. Miftachur Robani (CMO Lindungi Hutan); 2. Rizki Mulyantara (CEO digitiket); 3. Eldwin (CEO RectMedia), selain itu tim juga melakukan pameran atau expo untuk menjelaskan fungsi dari aplikasi yang di lombakan kepada pengunjung yang datang pada pameran tersebut.

Dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan akhirnya terpilih 3 aplikasi terbaik yaitu Juara 1 Aplikasi Rewang dari Universitas Gajah Mada, Juara 2 Aplikasi Belajar Bahasa Daerah dari Telkom University Bandung dan Juara 3 Aplikasi SISDA (Sistem Informasi Desa) dari Politeknik Negeri Jember.

Untuk Informasi Tambahan Jika ada yang tertarik pada Aplikasi SISDA ini bisa menghubungi langsung TIM JinggoLabs di Email : rahmat@jinggolabs.com atau Whatsapp : 082244213171

Semoga gelar juara ini menjadi pemicu untuk tetap menambah kreatifitas dan selalu berkarya membawa harum nama baik Politeknik Negeri Jember khususnya Jurusan Teknologi Informasi.

(djuliar)


Bagikan Artikel :