Libur Pandemi, HMJ Teknologi Informasi mengadakan serangkaian Kuliah Tamu Daring bersama Industri

Libur Pandemi, HMJ Teknologi Informasi mengadakan serangkaian Kuliah Tamu Daring bersama Industri

 Libur semester setelah perkuliahan daring bukan hambatan bagi Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (HMJ-TI) untuk tetap melakukan kegiatan kemahasiswaan. HMJ-TI berinisiasi untuk menyelenggarakan kuliah tamu secara daring dengan mengundang beberapa pemateri dari dunia industri.

Kuliah tamu daring pertama dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2020 dengan mengusung tema “Kecerdasan Bisnis dengan Python” yang diikuti 300 mahasiswa dari tiga program studi di Jurusan Teknologi Informasi. Pada kuliah tamu ini mengundang beberapa pemateri diantaranya adalah Bapak Denny Trias Utomo, S. Si., M. T. yang merupakan dosen di program studi D4 Teknik Informatika. Pemateri kedua yaitu Bapak Faris Nur Adlin, S. T., M. Eng. Yang sebelumnya merupakan seorang konsultan IT di PT Gamatechno, dan pemateri adalah bapak Rendi Yusuf Azhari, S. T., M. Eng. Yang sebelumnya juga merupakan seorang Python programmer di Aksara Maya. 

Kuliah tamu pertama ini mendapatkan apresiasi baik dari Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Bapak Hendra Yufit Riskiawan, S. Kom., M. Cs yang disampaikan saat beliau memberikan sambutan. Dalam kegiatan kuliah tamu secara daring pertama ini para pemateri memberikan gambaran umum “apa itu kecerdasan bisnis” dan implementasinya di dunia kerja, serta pengenalan berbagai macam algoritma yang digunakan dalam kecerdasan bisnis. Saat materi terakhir diberikan contoh implementasi kecerdasan bisnis pada kasus peramalan sederhana dengan bahasa pemrograman Python. 

Kegiatan kuliah tamu daring juga dilanjutkan pada bulan berikutnya, yaitu pada tanggal 25 Juli 2020 dengan mengusung tema “Software Documentation from Different Perspective”. Pada kuliah tamu kedua ini terdapat beberapa pemateri diantaranya: Bapak Adi Heru Utomo, S. Kom., M. Kom yang merupakan dosen di program studi D4 Teknik Informatika, Ibu Niki Min Hidayati Robbi, S. Kom., M. Eng. yang merupakan Account manager di PT Global Data Inspirasi dan Ibu Ni’matul Rohmaniyah, S. T. yang merupakan seorang technical writer di WIR Group. 

Kuliah tamu daring kedua yang di moderatori oleh Ibu Bety Etikasari, S. Pd., M. Pd. Ini memberikan wawasan kepada mahasiswa, khususnya di Jurusan Teknologi Informasi tentang beberapa jenis pekerjaan di bidang IT yang tidak menggunakan kemampuan penulisan kode program (koding) sebagai kemampuan utama. Beberapa jenis pekerjaan yang dikenalkan oleh para pemateri diantaranya: system analist, quality assurance/tester, dan technical writer. Kegiatan ini juga mendapatkan respon baik dari mahasiswa dengan total 238 mahasiswa mengikuti kegiatan ini secara aktif.

Dokumentasi kuliah tamu daring dapat dilihat kembali melalui akun Youtube JTI maupun HMJTI polije:
Kuliah Tamu daring 1: 

Kuliah Tamu daring 2: 


Bagikan Artikel :