Pandemi bukan berarti mimpi harus terhenti.

Pandemi bukan berarti mimpi harus terhenti.

Mendapatkan beasiswa dan dapat melanjutkan studi ke lebih tinggi tentunya merupakan impian bagi sebagian besar orang. Melalui kegiatan “International Scholarship Forum” Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (HMJ-TI) berusaha terus memupuk mimpi tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Agustus 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi berbagai beasiswa maupun studi lanjut ke luar negeri maupun dalam negeri.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, alumni dan sistem informasi. Bapak Wahyu Kurnia Dewanto, S. Kom., M. T. dalam sambutannya memberikan arahan untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk dapat bertukar informasi yang bermanfaat tentang akses pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Kegiatan yang dimoderatori oleh Bapak M. Angga Gumilang, S. Pd., M. Eng. mengundang pemateri dari dalam maupun luar negeri.

Pada sesi pertama diisi oleh Bapak M. Hafidh Firmansyah, S. Tr.Kom yang merupakan seorang alumnus program studi D4 Teknik Informatika yang saat ini studi Master Degree di Kyunpook National University (KNU), Korea Selatan. Beliau menyampaikan informasi tentang berbagai opportunity untuk apply di berbagai jenjang studi di KNU, beliau juga membagikan tips dan trik agar mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari professor yang umumnya merupakan syarat untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Pada sesi kedua diisi oleh Bapak Jevri Tri Ardiansyah, S. Pd. Yang merupakan penerima beasiswa MEXT scholarship Japan. Beliau menyampaikan informasi tentang kesempatan beasiswa studi yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang di berbagai jenjang studi. Sesi ketiga dilanjutkan oleh Bapak Sabran, S. KM., M. P.H. yang merupakan dosen di Jurusan Kesehatan, beliau menyampaikan sosialisasi beasiswa LPDP kementrian keuangan. Dan sesi terakhir diisi oleh Saudari Ana Farida, yang merupakan mahasiswa aktif di program studi D4 Teknik Informatika tentang sosialisasi Beasiswa Unggulan kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Secara umum seluruh pemateri memberikan gambaran tentang studi lanjut, persyaratan, dan tips/trik mendapatkan beasiswa. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai komunitas seperti youthooportunity, matagarudajatim, dan bu mengabdi Jogja karena tujuan dari kegiatan ini sama seperti komunitas tersebut. Yaitu terus memupuk motivasi dan membagikan informasi tetang beasiswa/studi lanjut.

Sayangnya dalam kesempatan ini, Mr. Thongdy Keophilavong, B. Eng., M. Eng. yang merupakan dosen dari National University of Laos berhalangan bergabung karena sakit. Beliau akan sharing informasi tentang AUN SEED ASEAN Scholarship, yang akhirnya informasi beasiswa tersebut disampaikan oleh moderator. Respon dari peserta yang mengikuti kegiatan ini mengaku sangat termotivasi karena penyampaian dari masing-masing pemateri dengan bahasa yang sederhana dan informasi yang diberikan sangat informatif sebagai bekal untuk studi lanjut dengan beasiswa. Peserta yang mengikuti webinar secara daring dengan total 775 peserta yang terdaftar, dengan komposisi 80% merupakan mahasiswa dan 20% peserta dari umum dari berbagai wilayah di Indonesia.

Seluruh materi yang sudah disampaikan bisa diakses melalui tautan ini.
dan dokumentasi video kegiatan dapat dilihat kembali: 


Bagikan Artikel :