Kuliah Industri: Sarana Belajar Langsung dari Praktisi

Kuliah Industri: Sarana Belajar Langsung dari Praktisi

Disaat pandemi bukan berarti mengurangi kesempatan untuk berkolaborasi dengan industri, dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh program studi D4 Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember kembali menyelenggarakan "Kuliah Industri". Kuliah industri kali ini mengundang beberapa pemateri dari Algostudio yang merupakan sebuah software dari Kota Malang. Dalam sambutannya ibu Trismayanti Dwi Puspitasari, S. Kom., Mcs. yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Informatika memberikan informasi dari kegiatan kuliah industri adalah agar materi perkuliahan dapat sesuai dengan kebutuhan industri (link and match), dengan menghadirkan pengajar yang merupakan praktisi di bidang keahlian masing-masing.

Sesi pertama kuliah industri merupakan perkuliahan Manajemen Proyek dengan mengundang Bapak Martua Indah Christian Saragih Napitu, S. Kom, beliau merupakan seorang Scrum Master di Algostudio Malang. Materi perkuliahan yang berlangsung kurang lebih 120 menit adalah salah satu framework dalam pengembangan proyek perangkat lunak yaitu SCRUM. Pemateri pertama memberikan analogi untuk role dari aktor yang terlibat dalam SCRUM layaknya seperti pembina upacara (product owner), pemimpin upacara (scrum master), dan peserta upacara (developer team) dalam setiap "seremoni" kegiatan yang harus dilalui dalam scrum. Lebih lanjut beliau juga memberikan penjelasan detail semua scrum activities kepada mahasiswa serta implementasinya dalam kegiatan pengerjaan proyek di Software House. Saat penutup materi, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat berkarir di dunia industri sesuai dengan passion masing-masing, dan salah satu peningkatan karir dalam pengelolaan tim adalah menjadi scrum master. 

Dokumentasi kuliah industri -  manajemen proyek:

Sesi kedua kuliah industri merupakan matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer yang mengundang Bapak Andra Bayu Febriant, S.Kom, beliau merupakan seorang UI / UX Designer di Algostudio Malang. Materi perkuliahan yang berlangsung 90 menit memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perbedaan antara visual design dan desain antarmuka, beberapa prinsip sederhana dalam mendesain sebuah aplikasi, sampai kerangka kerja dalam membentuk user experience. Saat closing statement pemateri juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk explore kemampuan di bidang IT salah satunya adalah menjadi UI / UX Designer dengan banyak berlatih dengan kasus proyek yang nyata.

Dokumentasi kuliah industri -  interaksi manusia dan komputer:

Kedua sesi kuliah industri ini diikuti oleh mahasiswa program studi D4 Teknik Informatika semester 5 untuk manajemen proyek dan semester 3 untuk interaksi manusia & komputer. Dalam setiap sesinya lebih dari 150 mahasiswa dalam ruang kelas virtual yang menyimak materi dari para praktisi yang  sharing dalam perkuliahan, serta pada sesi diskusi banyak mahasiswa yang antusias memberikan pertanyaan kepada para pemateri tentang pengalaman bekerja di industri. Dalam penutup kedua sesi kuliah tamu, Bapak M. Angga Gumilang, S. Pd.,  M. Eng. yang merupakan dosen pengampu kedua matakuliah ini menyampaikan harapan agar mahasiswa dapat mendapatkan role model jika tercapainya tujuan pembelajaran dalam perkuliahan yang akan diikuti dalam satu semester.


Bagikan Artikel :