Launching Aplikasi JTI-surat untuk Peningkatan Pelayanan Permintaan Surat Mahasiswa di Masa Pandemi

Launching Aplikasi JTI-surat untuk Peningkatan Pelayanan Permintaan Surat Mahasiswa di Masa Pandemi

Hasil pembelajaran di Jurusan Teknologi Informasi dapat berupa produk / aplikasi, salah satunya adalah karya dari mahasiswa program studi D4 Teknik Informatika (TIF) yaitu aplikasi "JTI-Surat". Aplikasi tersebut merupakan output matakuliah Workshop Web Framework, Workshop Aplikasi Mobile dan Sistem Informasi berbasis Layanan yang ditempuh pada semester 4. Widya Wahyu Pramesti yang merupakan ketua tim dari pengembang aplikasi memberikan deskripsi bahwa: JTI-Surat merupakan sebuah sistem informasi untuk memudahkan mahasiswa dan admin surat jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember dalam melakukan proses pengajuan surat berkaitan dengan kegiatan akademik. Sedangkan proses pengerjaan aplikasi ini melibatkan lima mahasiswa prodi TIF dari Golongan D selama satu semester.

Berikut informasi lebih detail alur penggunaan aplikasi:

Tampilan utama aplikasi JTI Surat

Aplikasi JTI-surat dapat diakses melalui tautan: http://jti.polije.ac.id/jtisurat/ . Untuk alur penggunaan aplikasi JTI-Surat dapat dijelaskan sebagai berikut:
Alur Penggunaan Sistem

1. Mahasiswa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan klik tombol Login dan memilih Belum Punya Akun. Lalu isikan data NIM, Prodi, No HP dan Password yang sesuai.

Registrasi

2. Langkah selanjutnya, mahasiswa dapat login menggunakan NIM dan Password yang sudah diregistrasi sebelumnya.

3. Kemudian mahasiswa dapat melakukan pengajuan surat yang dibutuhkan berdasarkan kategori, dan mengisi kelengkapan form terkait detail informasi surat yang dibutuhkan.
Contoh Pengisian Pengajuan Surat


4.  Langkah terakhir mahasiswa dapat melakukan tracking terhadap surat yang diajukan. Statusnya dapat berupa diproses / ditolak, surat dapat diambil, dan selesai / sudah diambil.
Contoh Tracking Surat

Dalam proses implementasinya dibantu oleh Bapak M. Angga Gumilang, S. Pd., M. Eng. selaku dosen pengampu matakuliah Workshop Web Framework yang memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada admin program studi di Jurusan Teknologi Informasi tentang penggunaan Aplikasi JTI-Surat. "Dengan adanya aplikasi JTI-Surat diharapkan melayani permintaan surat mahasiswa di masa pandemi yang harus menerapkan physical distancing dan dalam rangka peningkatan kualitas mutu pelayanan" Ungkap Bapak Syamsul Arifin, S. Kom., M. Cs sebagai Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi. Saat ini aplikasi JTI-Surat masih dalam tahap sosialisasi & ujicoba lalu dapat digunakan mulai tanggal 18 Oktober 2020 untuk mulai melayani permintaan surat mahasiswa.


Bagikan Artikel :