Expo dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Teknologi Informasi – EPIM TI

Expo dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Teknologi Informasi – EPIM TI

EPIM adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember. EPIM merupakan sebuah rangkaian kegiatan mulai dari Expo produk IT, Lomba bidang IT, Talkshow Nasional, hingga pada malam puncak Art Of Manunggalan atau malam inagurasi mahasiswa baru Jurusan Teknologi Informasi. Kegiatan Expo tersebut bertujuan untuk menampilkan karya-karya mahasiswa dalam bidang IT meliputi Website, Desktop Apps hingga Mobile Apps. Lomba bidang IT ditujukan untuk Mahasiswa dan Siswa SMK sederajat dengan cabang lomba untuk mahasiswa yakni Business Plan dan lomba jaringan untuk tingkat SMK. Talkshow Nasional bertujuan untuk memberikan wawasan baru terhadap Mahasiswa Baru Jurusan TI Polije dan Mahasiswa umum.  Art Of Manunggalan merupakan malam puncak dari kegiatan EPIM dan sekaligus menjadi wadah untuk inagurasi maba JTI.

EPIM TI 2020 mengalami perubahan konsep yang cukup signifikan dari sebelumnya. Pada tahun 2018, EPIM diselenggarahkan secara meriah di Polije. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang sedang melanda maka EPIM-TI 2020 diselenggarakan secara daring sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona. Dengan perubahan konsep yang cukup signifikan, panitia telah mengatur ulang sedemikian rupa agar kegiatan tersebut tetap terlaksana dengan meriah ditahun ini dan tentunya terdapat penyesuaian yang dilakukan untuk rangkaian kegiatan EPIM-TI 2020.

Expo Produk IT dilakukan secara daring dengan memberikan fasilitas website kepada peserta terdaftar untuk melakukan upload karya terbaiknya. Dan tentunya website tersebut dapat diakses untuk umum pada link berikut http://jti.polije.ac.id/epim/expo pada website tersebut, pengunjung dapat melihat seluruh karya yang telah didaftarkan dan memberikan “like” terhadap produk yang disukai dan produk dengan jumlah like terbanyak akan mendapatkan predikat produk terfavorit. Kegiatan expo tahun ini diikuti oleh mahasiswa se-Kabupaten Jember.

Lomba TCP-IT (Business Plan) tingkat mahasiswa juga dilaksanakan secara daring dengan diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. TCP-IT memiliki beberapa tahapan yakni seleksi Business Model Canvas (BMC), Full Paper dan tahp terakhir yakni final. Pada saat final, peserta diminta mempresentasikan gagasannya pada ­room zoom yang telah disediakan oleh panitia dan dinilai oleh juri yang telah ditunjuk.

Dokumentasi Kegiatan Business Plan:

Lomba IT (Jaringan) tingkat SMK se-Jawa Timur diikuti oleh 25 peserta terbaik dari SMK di Jawa Timur. Lomba IT merupakan serangkaian kegiatan EPIM 2020 dengan mengusung tema “Develop Smart Innovation Along With Technology for The Sustaninable Development Goal”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 27 Agustus hingga 7 November 2020 yang dikemas dalam bentuk perlombaan atau kompetisi secara daring. Kompetisi Lomba IT memiliki beberapa tahapan yakni dimulai seleksi online pada 25 Oktober 2020 dan final pada 7 November 2020. Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan dibidang IT khususnya Jaringan untuk ikut bersaing dan dapat menjadi wadah dalam mengukur kemampuan peserta, sehingga pandemi bukan menjadi suatu penghalang untuk tetap berkompetisi.

Dokumentasi Kegiatan lomba jaringan IT:

Rangkaian EPIM Selanjutnya yakni Talkshow Nasional dengan mengusung tema “Memulai Investasi dan Bisnis di Era Digital”. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya yakni Asep Muhammad Saepul Islam, S.Pd., MA.Pd (Mang AMSI) beliau adalah founder dari syariahsaham.com dan miginsif.com dan pemateri kedua yakni Hari Abriyoko (Yoko Bomb) beliau adalah founder dari Hay Academy dan merupakan influencer youtube. Dengan pemateri yang kompeten dibidangnya, kegiatan talkshow telah diikuti oleh mahasiswa dari 31 Perguruan Tinggi yang berada pada 10 Provinsi.

Malam Puncak EPIM Art Of Manunggalan sebagai wadah malam inagurasi Mahasiswa Baru JTI Polije yang seharusnya dilaksanakan meriah, pada tahun ini diadakan cukup sederhana. Inagurasi Maba TI dikonsep sebagai malam diskusi melalui grub telegram, dengan pokok materi diskusi adalah mendengarkan penilaian peserta terhadap EPIM 2020 dan penilaian untuk HMJTI dalam memberikan informasi untuk maba yang berguna untuk memberikan pandangan terkait perkuliahan di Jurusan TI Polije. Namun, walaupun dilaksanakan dengan sederhana, kegiatan tersebut tetap tidak mengubah nilai dari inagurasi maba pada tahun ini.

EPIM-TI 2020 telah dilaksanakan cukup meriah dengan penyesuaian konsep yang telah disebutkan diatas. Walaupun dilaksanakan dengan secara daring EPIM 2020 tetap mampu mencetak peserta yang siap untuk meramaikan kompetisi-kompetisi lain yang akan dilaksanakan. Harapan dari kami semoga pandemic ini cepat berlalu sehingga EPIM 2021 dapat terlaksana lebih meriah di Politeknik Negeri Jember. Sampai jumpa di Expo dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Teknologi Informasi tahun 2021.

dokumentasi kegiatan Talkshow Nasional :



Penulis : M. Hanafi Abror
Editor: M. Angga Gumilang


Bagikan Artikel :