Kegiatan Rutin TIF Exibition PSDKU Nganjuk 2023

Kamis, 2 Februari 2023, telah terlaksana Pameran hasil karya mahasiswa TIF di Kampus 3 PSDKU Nganjuk. Pameran ini terdiri dari 27 stand yang diikuti oleh 123 Mahasiswa serta mengundang Organisasi Perangkat Daerah dan mitra UMKM.

Ulfa Emi selaku koordinator program studi Teknik Informatika Polije PSDKU Nganjuk, mengatakan, TIF Exhibition merupakan pameran produk tugas akhir dari mahasiswa Polije Prodi Teknik Informatika. Tujuannya adalah untuk mempublikasikan hasil kuliah mahasiswa. Diikuti oleh 27 stand bazar dari mahasiswa semester I dan semester III di Kampus 3 Polije dengan tema “Majukan Desa dan UMKM dengan Teknologi”. Produk yang ditampilkan berupa Aplikasi berbasis Dekstop, Website, dan Mobile. Berisi tentang kemudahan-kemudahan dalam menyajikan informasi bagi UMKM melalui digitalisasi.

Ulfa Emi juga berharap, melalui pameran ini mahasiswanya dapat lebih berguna lagi bagi Masyarakat Nganjuk. “Artinya mahasiwa kami bisa mengimplementasikan apa yang didapat selama perkuliahan itu, berupa Produk Aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat Kabupaten Nganjuk, harapan kami kedepannya nanti bisa bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Nganjuk, supaya di Nganjuk ini bisa lebih maju penggunaan digitalisasinya”.

“Selaras dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional)tentang transformasi digital dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemerintah Kabupaten Nganjuk, kami dari Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk mendukung penuh kegiatan Polije hari ini,” kata Sujono, Kepala Bidang Aptika Diskominfo Nganjuk usai pembukaan TIF Exhibition Polije PSDKU Nganjuk.Sujono menyebut, kegiatan TIF Exhibition atau pameran program studi karya mahasiswa Polije tersebut sangat bagus. Juga dapat dijadikan refrensi dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk. “Ini sangat bagus dan membantu. Output-nya nanti kita akan lanjut kerjasama, bersinergi kaitannya dengan aplikasi yang kita butuhkan untuk meningkatkan kualitas peningkatan SPBE kita. Dan juga kaitannya dengan peningkatan UMKM digital,” bebernya.

Kita tingkatkan kerjasama kita dengan pengembangan aplikasi, ujar Sujono, jadi ada studi kasus yang kita tawarkan kepada temen-temen Polije untuk nanti membantu kita Pemerintah Daerah berkaitan dengan pengembangan aplikasi informatika dan informasi daerah.

Semantara itu, Sri Laksmita Hardini, Sekretaris DiskopUM Kabupaten Nganjuk, juga menyambut baik adanya TIF Exhibition Polije Nganjuk. Menjadi peluang bagi Dinasnya. “Artinya nanti bisa bekerjasama dengan Dinas kami. Beliau (Polije dan Mahasiswanya) bisa menawarkan produk-produk aplikasinya,” tuturnya.

Misalnya, dalam menyediakan aplikasi pembukuan atau kasir bagi UM/UMKM di Kabupaten Nganjuk, jelasnya, Kerjasama dengan Dinas kami dapat menjadi peluang bagi teman-teman UMKM kami. “Artinya pertamuan hari ini mudah-mudahan tidak hanya saat ini saja tapi akan ada kelanjutannya,” imbuhnya.