Pelatihan IoT Siswa SMK di Laboratorium SKK, Kerjasama antara SMKN 1 Probolinggo dengan JTI Polije.

Jurusan Teknologi Informasi bekerja sama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Probolinggo dalam mengadakan kegiatan pelatihan Internet of Things untuk siswa SMK. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari hari Senin tanggal 13 Februari sampai dengan 17 Februari 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember, Bapak Beni Widiawan, S.ST, MT, sebagai Kepala Laboratorium Sistem Komputer dan Kontrol (SKK) bersama dengan Ibu Dwi Anggraeni, S.Pd., M.Pd.. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang Internet of Thing yang semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat menjadi titik awal siswa dalam mempersiapkan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi, Bapak Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs., membuka kegiatan pelatihan ini. Siswa SMKN 1 Probolinggo yang didampingi oleh Bapak Moh. Kohar mengikuti pelatihan dengan sangat antusias, hal ini dikarenakan siswa SMK masih belum pernah mendapatkan materi-materi tentang Internet of Things selama kegiatan pendidikan di sekolah. Materi pelatihan di hari pertama disampaikan langsung oleh Bapak Beni Widiawan, S.ST, MT, adapun materi yang diberikan di hari pertama adalah tentang persiapan pelatihan dan juga mengenai peralatan dan bahan yang akan dibutuhkan selama pelatihan. Peralatan dan bahan dalam pelatihan ini antara lain ESP32-Cam AI Thinker, Sensor Ultrasonik HC-SR04, Sensor suhu DHT-11, kabel jumper, kabel data Micro USB, dan Breadboard. Kegiatan ini juga melibatkan salah satu mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi, Restu Fahimuroid, sebagai salah satu instruktur.

Hari kedua dan ketiga pelatihan diisi dengan materi mengenai perancangan dari perangkat Internet of Things serta teknologi yang terdapat dalam bidang Internet of Things, khususnya dalam komunikasi data. Siswa SMK yang mengikuti pelatihan terlihat sangat fokus memperhatikan penyampaian materi dari instruktur. Hari keempat pelatihan diisi dengan pengerjaan proyek Internet of Things dengan menggunakan peralatan dan bahan yang sudah disediakan dan juga memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada Laboratorium Sistem Komputer dan Kontrol. Pada akhir pertemuan di hari keempat, pelatihan ini juga disampaikan materi mengenai bagaimana mempresentasikan proyek hasil dari kegiatan pelatihan ini. Bapak Ely Mulyadi, SE., M.Kom., sebagai instruktur yang menyampaikan materi mengenai presentasi atau penyajian hasil dari proyek pelatihan.

Peserta pelatihan yang dari siswa SMK mempresentasikan hasil pengerjaan proyek dari pelatihan di hari terakhir pelatihan tanggal 17 Februari 2023. Sebelum rangkaian pelatihan berakhir, kegiatan ini ditutup oleh Bapak Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs. selaku Ketua Jurusan Teknologi Informasi. Setelah itu, penutupan pelatihan dilanjutkan dengan pemberian testimoni dari Bapak Moh. Kohar dan juga siswa sebagai peserta pelatihan. Peserta pelatihan merasakan manfaat yang sangat cukup untuk persiapan dalam mengikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK dengan adanya pelatihan ini, selain itu siswa SMK juga mendapatkan wawasan baru mengenai teknologi Internet of Things dengan menggunakan microcontroller dan sensor. Terakhir, sertifikat pelatihan diberikan oleh Manajer Teaching Factory JTI Innovation, Bapak Ely Mulyadi, SE., M.Kom. sebagai bukti telah mengikuti pelatihan dan juga dapat dipergunakan sebagai portofolio siswa SMK dan Guru Pendamping.
(wiryawan)