JTI Gelar Sosialisasi Lomba Mahasiswa Nasional

KMIPN (Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional) dan GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi), merupakan kegiatan Kompetisi Mahasiswa yang di selenggaran setiap tahun dalam waktu yang berdekatan. Tahun 2022 Mahasiswa Teknik Informatika meloloskan 12 Tim dalam Final KMIPN yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam, dan 4 Tim dalam Finalis Gemastik.

 

Persiapan untuk berkompetisi di final dilakukan kegiatan rutin dalam program Pembekalan dan Pendampingan. Kegiatan tersebut merupakan proses pembekalan mahasiswa dalam mempersiapkan tim baik dari presentasi maupun produk yang akan dilombakan. Mahasiswa dalam tim di wajibkan untuk mengikuti bootcamp tanpa terkecuali selama 3 hari. Tanggal 21, 22, dan 23 Juli 2022 merupakan agendan Pembekalan dan Pendampingan yang dihadiri oleh seluruh tim finalis KMIPN maupun Gemmastik, dosen pembimbing dan beberapa Dosen lainnya yang berperan memberikan masukkan untuk persiapan kompetisi.

 

Kamis 21 Juli 2022, merupakan agenda pembekalan dimana ada sesi sharing antara peserta kompetisi tahun sebelumnya. Sharing dumulai dengan cerita pengalaman selama proses lomba, pengalaman menghadapi dewan juri serta tips mendapatkan juara.

 

Hari kedua Jumat 22 Juli 2022, peserta finalis di wajibkan untuk presentasi didepan dosen pembimbing dan finalis lainnya. Tujuan presentasi adalah untuk melatih peserta dalam menguasai materi lomba dan gestur pembawaan ketika berpresentasi, termasuk diddalamnya adalah attitude. Setiap tim bergantian berpresentasi dengan dilanjutkan sesi memberikan masukkan pada setiap tim oleh dosen pembimbing.

 

Tiba pada hari ketiga 23 Juli 2022, hari terakhir tim finalis untuk mendapatkan pembekalan. Setelah melalui 2 hari berturut-turut pada hari ketiga mahasiswa mendapatkan beberapa masukkan atau pemaparan untuk hal-hal yang harus ditambahkan atau diperbaiki. Pada hari ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan dosen pembimbing diluar tim untuk memperbaiki presentasi atau produk.

 

Acara pembekalan terlaksana dengan lancar dan mengesankan, sehingga setiap sharing yang diberikan dapat memperbaiki dan menambah persiapan dalam final. Semoga acara ini dapat membawa tim finalis KMIPN dan Gemastik menjadi juara.