Studium Generale dalam Rangkaian Kegiatan EPIM 2023

Expo dan Pekan Ilmiah Mahasiswa (EPIM) merupakan event tahunan di Jurusan Teknologi Informasi bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan TI (HMJTI) di mana diadakan pameran hasil produk tugas akhir kegiatan perkuliahan dan praktikum dan juga produk-produk lomba yang telah meraih juara pada ajang-ajang festival di luar POLIJE juga di tampilkan pada kegiatan EPIM 2023 kali ini.

Kegiatan yang bertema "Explore the Possibilities, Create the Opportunities" ini diikuti oleh sejumlah 111 orang peserta, yang terbagi menjadi 35 tim produk aplikasi berupa aplikasi Desktop, Website, Mobile, IoT dan Promosi Kelas Internasional. Kegiatan Expo dan Pekan Ilmiah Mahasiswa ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi Mahasiswa khususnya di Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember untuk menghubungkan produk aplikasi maupun sistem yang sudah dikembangkan selama 1 semester agar sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Adapun produk yang dihasilkan berasal dari 5 Program Studi yaitu. Teknik Komputer (TKK), Manajemen Informasi (MIF), Teknik Informatika (TIF) Jember dan Bondowoso, serta Teknik Informatika dari PSDKU Nganjuk dan Sidoarjo.

Salah satu rangkaian kegiatan ini, yaitu STUDIUM GENERALE yang diikuti kurang lebih 150 Peserta terdiri dari Mahasiswa Politeknik Negeri Jember dan Siswa SMK. Pemateri pada kuliah umum kali ini yaitu Bapak Brislian Anggie Wijaya, yang merupakan CEO PT Arsenet Global Solusi dan Bapak David Sugianto salah satu Software Engineer dari Tokopedia, kedua pemateri merupakan alumni dari Jurusan Teknologi Informasi yang telah sukses berkecimpung dalam bisnis Teknologi Informasi. Kegiatan ini di Moderatori oleh Ibu Dia Bitari Mei Yuana. Diharapkan peserta mendapatkan wawasan terkait perkembangan Teknologi Informasi serta Wawasan seputar Dunia Usaha dan Dunia Industri khususnya di bidang teknologi Informasi.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, telah terlaksana dua kegiatan lomba yaitu lomba Design Packaging dan lomba Frontend Developer yang diikuti oleh 58 Peserta dari berbagai daerah di Indonesia. lomba ini bertujuan sebagai wadah bagi adik-adik siswa SMA dan SMK sederajat untuk menunjukkan skill yang dimiliki khususnya dibidang Teknologi Informasi.

Kami berharap acara ini dapat terselenggara dengan maksimal dan mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang mampu bersaing khususnya pada Dunia Usaha dan Dunia Industri di Era Society 5.0

(djuliar)