Kuliah Tamu UI / UX Tahun 2022 bersama Algostudio

UI / UX Designer merupakan salah satu role pekerjaan yang banyak dibutuhkan di Industri saat ini, karena menurut hasil pencarian data lowongan pekerjaan UI/UX designer memiliki demand yang hampir sama untuk role programmer. Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (JTI) Politeknik Negeri Jember (Polije) tentu memiliki peluang untuk terjun sebagai UI / UX Designer di Dunia Industri saat ini. Dilihat dari output matakuliah Workshop JTI Polije yang menghasilkan sebuah produk / aplikasi / sistem, tentu UI / UX menjadi sangat berperan dalam membuat sebuah produk yang dapat diterima pengguna.

JTI Polije berusaha menjawab tantangan untuk pemenuhan kompetensi lulusan terkait UI / UX melalui sebuah kegiatan Kuliah Tamu secara daring, Narasumber pertama kuliah tamu berasal dari Industri. Kali ini JTI Polije menghadirkan praktisi UI / UX di Software House  untuk memberikan gambaran role UI / UX di Algostudio untuk mahasiswa JTI Polije. Stevani Angel Pasaribu yang merupakan UI / UX Designer dari Algostudio memberikan paparan yang komprehensif mulai dari perbedaan serta kaitan User Interface (UI) dan User Experience (UX), bagaimana melakukan research di setiap tahapan pengembangan software menggunakan metode design thinking, sampai melakukan pengujian ke pengguna. 

Narasumber kedua dalam kuliah tamu adalah M. Angga Gumilang, S. Pd., M. Eng. yang merupakan dosen D4 Teknik Informatika. Beliau memaparkan UI / UX dalam perspektif akademis, yaitu riset di bidang keilmuan Human-Computer Interaction (HCI). Paparan beliau menjelaskan scope riset di bidang HCI, pentingnya melakukan pendekatan User-Centered Design dalam membuat solusi dari permasalahan pengguna, contoh-contoh riset UI/UX mahasiswa untuk dibuat skripsi/tugas akhir, sampai posisi riset HCI saat ini yang banyak menggunakan implementasi kecerdasan buatan.

Kuliah tamu yang bertajuk "UI/UX untuk Penelitian dan Praktik di Industri Software" diikuti oleh 150 mahasiswa sebagai peserta dan beberapa dosen dari berbagai program studi. Kuliah tamu diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 dengan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB. Kuliah tamu diselenggaran secara daring via zoom meeting dengan disambut oleh Trismayanti Dwi Puspitasari, S. Kom., M. Cs. selaku Koordinator Program Studi D4 Teknik Informatika dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya semoga kuliah tamu ini bermanfaat bagi mahasiswa JTI polije untuk menyelesaikan tugas akhir, riset di dalam skripsi, maupun sebagai bekal kompetensi untuk magang industri. Closing Statement dari narasumber pertama kepada peserta adalah untuk terus mencoba hal yang disukai dalam UI / UX, karena jika dimulai dari kesukaan maka kita akan terus terntantang untuk membuat produk yang solutif dan terus belajar hal yang baru.

Berikut merupakan Dokumentasi kegiatan kuliah tamu UI / UX bersama Algostudio :