Program Talent Scouting Academy Politeknik Negeri Jember

Program Talent Scouting Academy atau yang biasa disebut dengan TSA adalah salah satu Akademi pada program Digital Talent Scholarship atau DTS 2022. TSA adalah peningkatan kompetensi dan pemberian kesempatan sertifikasi global bagi mahasiswa tingkat akhir yang nantinya akan dilakukan seleksi terlebih dahulu.

Program ini ditujukan bagi para mahasiswa Diploma 4 atau Strata 1 tingkat akhir yang memiliki passion, bakat dan minat dibidang teknologi informasi dan komunikasi. TSA merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam hal ini berkolaborasi dengan Polije untuk meningkatkan kemampuan literasi serta kemampuan teknis dari mahasiswa khususnya dibidang teknologi informasi.

Ketua pelaksana program TSA Ery Setiawan menyampaikan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah selain sertifikasi diharapkan nanti mahasiswa mempunyai kemampuan di bidang Digital Marketing juga, karena selama ini digital marketing di mahasiswa TI itu kurang.

Berbeda dengan Academy lainnya TSA juga bekerjasama dengan kampus merdeka yang mengusung sistem Micro Credentials, dimana materi-materi yang diberikan akan dikonversikan menjadi SKS. Setelah menyelesaikan pelatihan siswa yang terpilih bisa mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Mitra TSA.

Pelatihan TSA yang akan dilaksanakan lebih lanjut ini memiliki beberapa tema yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tema-tema tersebut diantaranya networking, data science, artifisial intelijen, programming, gamification authoring tools dan tema-tema bidang tik lainnya.

Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember Hendra Yufit menyampaikan bahwa kami sangat menyambut baik kerjasama antara Politeknik Negeri Jember dengan pusat pengembangan profesi dan sertifikasi Kementerian kominfo Republik Indonesia di Jakarta dalam bentuk kegiatan Talent Scouting Academy ini jadi kegiatan yang baru pertama kali ini diselenggarakan Tahun 2022 ini akan menjadi awal yang baik antara kerjasama kami.

Selain itu, Politeknik Negeri Jember dengan Kementerian kominfo sudah melakukan kerja sama sebelumnya dan masih berjalan  yaitu Vocational School Graduate Academy atau VSGA yang sudah jalan pada tahun sebelumnya, jadi ini TSA seperti semakin mempererat antara jurusan TI Politeknik Negeri Jember dengan kominfo dalam hal kerjasama dan kegiatan dalam rangka menunjang program pemerintah untuk meningkatkan literasi digital di kalangan masyarakat baik di mahasiswa maupun dimasyarakat umum.