Seri Kuliah Industri : Sharing Ilmu dalam Kuliah Tamu Bersama Industri

Berawal dari tawaran industri DataIns yang ingin melakukan sharing ilmu kepada mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi, tim riset dari GARIS 5 (Kecerdasan Buatan) menyelenggarakan kuliah tamu untuk dapat diikuti oleh mahasiswa. Kuliah tamu mengankat tema Artificial intelligence (AI) yang saat ini sangat di butuhkan oleh banyak industry.

Artificial Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan, adalah sebuah kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin (seperti komputer, smartphone, aplikasi, perangkat lunak, dan lain sebagainya), dimana saat ini sudah mulai menerpakan model kecerdasan buatan kedalam software ataupun hardware. Kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi di Jurusan Teknologi Informasi, salah satunya Teknik Informatika.

Beberapa materi berkaitan Artificial Intelligence beberapa pemateri yang luar biasa, Bapak Faris dan Bapak Rendi dari industry DataIns dan juga Bapak Denny Trias yang merupakan dosen Jurusan Teknologi Informasi.

Konsep dan Pemanfaatan pada Business Intelligence (BI) menjadi materi menarik yang dipaparkan oleh Bapak Faris, dan dilanjutkan oleh Bapak Denny Trias terkait dengan materi Varian Algoritman yang digunakan untuk Business Intelligence. Pemateri ketiga menjadi pemapar materi yang sangat ditunggu oleh peserta kuliah tamu. Bapak Rendi memaparkan tahap-tahap dalam implementasi Business Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman python. Pada pemaparannya banyak menunjukkan beberapa library pada python yang dapat memudahkan developer dalam mengembangkan kecerdasan buatan dengan ribuan data.

Pada sesi akhir kuliah tamu diadakan sesi tanya jawab dan diskusi dengan mahasiswa yang semakin seru karena banyak pertanyaan dengan beberapa permasalah dalam percobaan implementasi pada python.