JTI Menyelenggarakan Sosialisasi Proposal PKM

Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi memiliki antusias yang tinggi dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Penyelenggaraan diumumkan bersamaan dengan informasi penerimaan proposal PKM melalui laman web Simbelmawa Kemdikbud. Program kreativitas mahasiswa merupakan program yang mempunyai tujuan utama mendorong mahasiswa melihat segala macam bentuk kebutuhan atau permasalahan. Tujuan PKM bagi mahasiswa antara lain meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan menulis dan menyampaikan serta mengungkapkan gagasan, memperoleh pengalaman, pengakuan, dan pembentukan pengetahuan atau relasi.

Proposal PKM merupakan salah satu bentuk partisipasi mahasiswa untuk mengikuti pagelaran Program Kreativitas Mahasiswa. Penulisan proposal PKM diperlukan agar dapat membuat sesuai dengan ketentuan dan tujuan kegiatan. Kesesuaian topik dari beberapa bidang yang telah ditentukan juga menjadi komponen penilaian.

Persiapan dalam mengikuti lomba PKM Competition Center Jurusan Teknologi Informasi mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis dalam penulisan proposal PKM pada tanggal 11 Februari. Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Teknologi dari berbagai angkatan serta beberapa Dosen yang terlibat dalam penjurian proposal PKM secara Nasional sebagai narasumber. Dalam kegitan tersebut, mahasiswa diberikan tips dalam menentukan bidang PKM berdasarkan masalah yang akan diangkat dari lingkungan sekitar. Antusias mahasiswa yang luar biasa dalam acara sosialisasi dan bimbingan teknis membuat suasana menjadi terus hidup hingga akhir acara. Berbagai macam ide menarik juga terus menjadi pertanyaan kepada beberapa narasumber. Adapun dari mereka juga telah Bersiap membentuk tim untuk terlibat dalam kegiatan PKM.

Salah satu dari mahasiswa juga berharap bahwa idenya kelak akan bisa lolos dalam pendanaan hingga tingkat pimnas. Semoga salah peserta yang telah mengikuti kegitan bimbingan teknis penulisan proposal PKM kelak bisa yaa.