Temu Alumni JTI POLIJE se-JABODETABEK dan Bandung

Tepat pukul 16.00 WIB pada hari sabtu 8 Juni 2024, Alhamdulilah telah terlaksana kegiatan Temu Alumni JTI POLIJE se-JABODETABEK dan Bandung  bertempat di Tugu Kawisari Cafe & Eatery Jakarta, dalam agenda temu alumni ini, hadir para alumni JTI, baik alumni Prodi Teknik Komputer, Prodi Manajemen Informatika, maupun Prodi Teknik Komputer, yang saat ini bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun diperusahaan multi nasional yang berlokasi di JABODETABEK dan Bandung, dalam kegiatan ini hadir Bapak dan Ibu Dosen dari JTI POLIJE, dan yang sangat istimewa pada agenda temu alumni kali ini, dihadiri secara langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Jember Bapak Saiful Anwar, S.TP., MP.

Sambutan Ketua Jurusan Teknologi Informasi Bapak Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs.

Kegiatan ini di awali sambutan dari Ketua Jurusan Teknologi Informasi Bapak Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs. Dalam sambutannya beliau menyampaikan untuk terus mempererat tali silaturahmi dan komunikasi antar sesama alumni juga adik-adik alumni yang baru. Ikatan antara alumni dan mahasiswa memiliki banyak nilai penting dalam konteks pendidikan dan perkembangan pribadi serta profesional. tentunya penguatan ini bertujuan menjadi jaringan profesional yang sangat berharga bagi mahasiswa saat ini. Melalui hubungan ini, mahasiswa dapat mengakses peluang karir, magang, dan mentoring yang dapat membantu mereka dalam membangun karir mereka di masa depan, selain itu hal penting lainnya adalah terkait potensi para alumni untuk tetap bisa berkarir namun juga tetap bisa sharing ilmu dengan para mahasiswa aktif JTI saat ini, salah satunya dengan mengikuti MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) praktisi mengajar, dimana dalam program ini para alumni yang saat ini berada di industri maupun instansi dapat menyumbangkan kontribusi ilmu yang di dapat di industri kepada adik-adik mahasiswa JTI. Keterlibatan alumni yang positif dapat meningkatkan reputasi dan prestise almamater mereka. Alumni yang sukses dalam karier mereka mencerminkan kualitas pendidikan yang tinggi yang diberikan oleh institusi, yang pada gilirannya dapat menarik calon mahasiswa baru dan mendukung pertumbuhan institusi secara keseluruhan.

Sambutan Direktur Politeknik Negeri Jember Bapak Saiful Anwar, S.TP., MP.

Pada sambutan Direktur Politeknik Negeri Jember Bapak Saiful Anwar, S.TP., MP., beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi nya atas inisiasi temu alumni JTI yang luar biasa, hal ini sebagai milestone bagi POLIJE dalam hal manajemen alumni, dimana dalam hal ini para alumni mahasiswa adalah aspek penting dalam keberlangsungan institusi pendidikan dan memiliki manfaat yang signifikan, Membina alumni membantu mempertahankan hubungan yang kuat antara almamater dan mantan mahasiswanya. Ini membantu membangun komunitas yang solid dan memperkuat identitas institusi, Alumni yang sukses dalam karier mereka seringkali menjadi sumber pengetahuan dan pengalaman yang berharga bagi institusi pendidikan. Kolaborasi dengan alumni dapat menghasilkan proyek-proyek riset atau pengembangan yang inovatif, serta kemitraan yang bermanfaat dengan industri atau lembaga lainnya. Dengan demikian, membina para alumni mahasiswa adalah investasi jangka panjang bagi institusi pendidikan, membantu memperkuat hubungan, meningkatkan reputasi, dan memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa saat ini dan masa depan.

Penandatanganan kontrak pengelolaan TERAS JTI antara POLIJE JTI Innovation 
bersama PT Arsenet Global Solusi

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan kontrak pengelolaan TERAS JTI antara POLIJE JTI Innovation dengan PT Arsenet Global Solusi, Arsenet Global Solusi (AGS) merupakan perusahaan penyedia layanan internet/internet service provider (ISP) milik Anggi Wijaya yang tak lain merupakan alumnus Prodi Teknik Komputer JTI POLIJE. Selain kerja sama membangun Co-Working Space atau Teras JTI, perusahaan ini juga telah menjalin sejumlah kerja sama untuk mendukung visi jangka panjang Polije sebagai Politeknik Unggul di Asia Tahun 2035. Kerja sama dalam membangun Co-Working Space atau Teras JTI ini sendiri bertujuan untuk memberikan kebutuhan bagi mahasiswa di lingkungan Polije dalam menunjang aktivitas perkuliahan, dirancang untuk memfasilitasi interaksi sosial, pembelajaran informal, dan kolaborasi antar mahasiswa di lingkungan kampus.

Ruang pada TERAS JTI dilengkapi dengan sofa, kursi, atau bangku yang nyaman untuk duduk dan bersantai antara kelas atau selama istirahat. Area ini dilengkapi dengan fasilitas mesin penjual otomatis, area minum kopi, dan area makan kecil. Juga terdapat Ruangan Kelompok, dimana Ruang ini dirancang untuk memfasilitasi diskusi dan kolaborasi kelompok antara mahasiswa. Meja-meja atau bangku juga tersedia, bersama dengan papan tulis atau proyektor untuk presentasi. Juga terdapat fasilitas untuk studi mandiri dan pembelajaran. Meja-meja, kursi, dan soket listrik juga tersedia untuk mendukung penggunaan laptop dan perangkat elektronik lainnya. Juga dilengkapi dengan fasilitas teknologi seperti akses Wi-Fi.


Foto Bersama bersama para alumni, Bapak/Ibu dosen dan Direktur Politeknik Negeri Jember

Pada akhir sesi diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah bersama para alumni, Bapak/Ibu dosen dan Direktur Politeknik Negeri Jember, dilanjut diskusi mandiri antar sesama alumni dan juga oleh bapak ibu dosen.