Studi Tiru Pengelolaan Kelas Kerjasama Internasional Politeknik Negeri Jember Jurusan Teknologi Informasi Di Telkom University Bandung

Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) adalah sebuah perguruan tinggi swasta milik BUMN yang terletak di Jl. Telekomunikasi, Terusan Buahbatu, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat, 40257. Universitas Telkom berdiri pada tanggal 14 Agustus 2013 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 309/E/0/2013.

Universitas Telkom adalah penggabungan empat Perguruan Tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Institut Teknologi Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Institut Manajemen Telkom sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom). STT Telkom dan STMB Telkom didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa PT Telkom yang saat itu dipimpin oleh Direktur Utama Ir. Cacuk Sudarijanto dengan alamat website https://telkomuniversity.ac.id/.

Video Profil Telkom University

Telkom University menyelenggarakan 34 program studi yang dikelola oleh tujuh fakultas, dimana terdapat dua program studi yang menerapkan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) serta terdapat sepuluh program studi kelas internasional.

  1. Kelas Internasional (https://icao.telkomuniversity.ac.id)

ICAO (International Class Academic Office) adalah unit yang berfokus pada internasional yang menyelenggarakan acara & perkuliahan di kampus dari berbagai bidang terkait pendidikan. Sebagai salah satu unit di Telkom University, ICAO bangga dengan perannya dalam menangani dan memperkuat program dan layanan khusus ini. Kami tidak hanya senang melayani mahasiswa dan dosen, tetapi kami juga berharap dapat menjadi bagian integral dalam pengembangan karakter mahasiswa. Berikut Fakultas yang  ada di Kelas Internasional :

  1. Fakultas Teknik Elektro (S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro)
  2. Fakultas Informatika (S1 Informatika)
  3. Fakultas Rekayasa Industri (S1 Teknik Industri, S1 Sistem Informasi)
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1 MBTI International (ICT Business), S1 Akuntansi Internasional)
  5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis (S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Bisnis)
  6. Fakultas Industri Kreatif (S1 Desain Komunikasi Visual)

Peserta kegiatan studi tiru pengelolaan kelas kerjasama internasional ini, diikuti oleh :

  1. Trismayanti Dwi P, S.Kom, M.Cs selaku Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi
  2. Taufiq Rizaldi, S.ST., MT selaku Koordinator Program Studi D3 Manajemen Informatika
  3. I Gede Wiryawan, S.Kom., M.Kom. selaku Koordinator Program Studi D3 Teknik Komputer
  4. Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T. selaku perwakilan pengelola kelas Internasional Progam Studi D4 Teknik Informatika

Kegiatan studi tiru pengelolaan kelas kerjasama internasional ini disambut oleh Dr. Mohammad Deni Akbar selaku Manager of International Class Academic Office beserta tim.

Adapun hasil kegiatannya ialah sebagai berikut :

  1. Kelas internasional dibuat secara terpisah.
  2. Program studi mengusulkan adanya dengan kelas internasional ke international office.
  3. Mahasiswa dapat memilih short course kegiatan kelas internasional.
  4. Untuk mendapatkan mahasiswa asing dengan seleksi dan memberikan beasiswa full dan asrama dengan catatan lulus tepat waktu.
  5. Meningkatkan jumlah kelas internasional dengan menawarkan secara langsung promosi hadir ke sekolah, dengan melampirkan sertifikat kelas internasional.
  6. Jumlah mahasiswa dalam 1 kelas tidak lebih dari 20.
  7. UKT Reguler Teknologi Informasi 13 jt, Internasional 18 jt khusus disini, di luar nanti bayar lagi. Dapat bantuan mobility 6 jt bantuan, 2.5 jt sertifikasi internasional. Double degree 10% membayar di Telkom University dan pada saat di luar negeri membayar ke kampus tujuan sendiri.
  8. Salah satu cara untuk menggaet kampus dapat bekerjasama dengan Telkom University ialah adanya kegiatan GLOW (Global Learning Week) dimana dapat mengganti kuliah 2-3 sks (semester antara) dan mengundang professor melakukan kerjasama dalam bidang pembelajaran.