Salah satu faktor yang mendukung bagi kemajuan suatu negara adalah
pendidikan. Dalam dunia pendidikan itu sendiri tidak lepas dengan proses
pembelajaran, dan di dalam suatu proses pembelajaran dibutuhkan media untuk
menyalurkan materi pembelajaran tersebut. Untuk sebagian pelajar, ilmu
pengetahuan alam terutama dalam teori fisika, merupakan pelajaran yang sulit
untuk dipahami sehingga dinilai kurang menarik, sebagian alasanya karena
penyampaian materi terbatas pada media pembelajarannya yang hanya melalui
media gambar dan simulasi sederhana sehingga minat belajar siswa untuk
mempelajari materi tersebut menurun, maka media pembelajaran yang digunakan
dibuat dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
mengingat bahwa perkembangan teknologi juga selalu menyita perhatian para
penggunanya. Salah satu perkembangan ilmu teknologi yang dimaksud adalah
teknologi augmented reality, yang merupakan upaya penggabungan dunia nyata
dengan dunia virtual.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media
pembelajaran berbasis augmented reality untuk mata pelajaran sistem tata surya
yang diharapkan dapat menunjang terciptanya proses pembelajaran. Berdasarkan
tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development model ADDIE, salah satu model desain pembelajaran yang
dijadikan pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program
pelatihan, dinamis dan mendukung kinerja pelatihan itu sendiri. Salah satu
materi pembelajaran fisika yang menarik untuk dikembangkan menggunakan
Augmented Reality adalah pembelajaran sistem tata surya. Metode yang digunakan
pada teknologi tersebut yaitu markerless augmented reality, keuntungan dari
metode tersebut adalah pengguna tidak lagi memerlukan peralatan tambahan
hanya untuk menampilkan berbagai macam elemen digital. Berdasarkan hasil dari
kuesioner yang telah diberikan kepada responden, menunjukkan bahwa
Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Markerless Augmented Reality Pada
Materi Sistem Tata Surya dapat dikatakan memenuhi tujuan awal dilakukannya
penelitian. Dengan nilai sangat baik pada aspek atraktif, efisiensi, media
pembelajaran, manfaat sebagai alternatif media pembelajaran, dan manfaat dalam
meningkatkan motivasi belajar.