Laboratorium Multimedia Cerdas

Informasi Laboratorium


Email :
labmmc@polije.ac.id
Kepala Laboratorium :
Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T.
Telepon :
+62 8121622323
Website :
http://jti.polije.ac.id/lab/mmc
Alamat :
Gedung Jurusan Teknologi Informasi Lt. 2 No. F2.10
Jl. Mastrip PO.BOX 164 Jember
Jember Jawa Timur 68101 Indonesia

LABORATORIUM MULTIMEDIA CERDAS

Laboratorium Multimedia Cerdas yang kemudian lebih populer disebut sebagai Lab MMC resmi beroperasi sejak Februari 2020 berdasarkan SK Direktur Politeknik Negeri Jember Nomor 17407/PL17/KP/SK/2019 Tanggal 27 Desember 2019.

Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi baik dari program studi Manajemen Informatika (D3), Teknik Komputer (D3), dan Teknik Informatika (D4).

Secara khusus Lab MMC diperuntukan menunjang kegiatan di bidang Multimedia. Lab MMC dilengkapi dengan berbagai perangkat penunjang Interactive Media Design, Augmented & Virtual Reality, dan Teknologi Game

Mata Kuliah

  1. Pengolahan Citra Digital
  2. Computer Vision
  3. Antarmuka
  4. Workshop Sistem Cerdas
  5. Interaksi Manusia dan Komputer
  6. Aplikasi Mobile
Laboratorium Multimedia Cerdas

Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T.

Kepala Laboratorium

Teknisi Laboratorium


Egy Raka Tiony, A.Md.

Egy Raka Tiony, A.Md.

Evan Hendra Lukito, A.Md.

Evan Hendra Lukito, A.Md.

No. Kegiatan Tanggal
No. Nomor Dokumen Nama Dokumen Download
1 Form permohonan penggunaan Laboraturium Download
2 Form peminjaman alat Download
3 SOP Laboraturium Download
4 Berita Acara Praktikum Download
5 Form serah terima hasil dan sisa praktek Download
6 Form berita acara perawatan dan perbaikan Download
7 Form berita acara kerusakan dan kehilangan Download
No. Nama Produk Kategori Deskripsi Personil Link
1 Puzzle 3D Bentuk Virtual Reality Virtual Reality Permainan Puzzle 3D Bentuk berbasis virtual reality merupakan permainan untuk anak anak PAUD umur 4 – 6 tahun . Permainan ini dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak untuk memaksimalkan potensi pada diri anak sejak usia sedini mungkin. Selain itu, dapat melatih daya ingat dan kecerdasan anak. Permainan ini dapat menunjang aktifitas belajar anak dalam usia perkembangannya.
1. Aji Seto Arifianto
2. Egy Raka Tiony
3. Hisyam Haidar Amru
4. Achmad Syadidul Fahim (E41180100)
5. Nafis Hibatullah Lestamanta(E41180163)
6. Ratna Dwi Kristina Sari(E41180434)
7. Luqman Hakim(E41180965)
https://youtu.be/kSUWQ1X-qX4
2 PERMAINAN PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID (FRUTERIA GAMES) Augmented Reality Aplikasi Permainan Pengenalan Buah (Fruteria Games) merupakan media pembelajaran yang dirancang dalam bentuk game khusus untuk anak usia 3-5 tahun. Hasil dari aplikasi ini berupa pengenalan buah-buahan dengan 2 bahasa menggunakan Augmented Reality berbasis Android, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan anak dalam mengenal nama buah dalam bahasa Inggris, dan Indonesia. Aplikasi ini disajikan lebih menarik berupa gambar dan suara yang berfungsi untuk memudahkan anak mengenal bentuk buah dan juga cara pengucapannya dengan baik, dan marker yang apabila terdeteksi akan menampilkan buah dalam 3D pada layer smartphone untuk mempermudah anak dalam memVisualisasikan dan berinteraksi secara lebih nyata.
1. Aji Seto Arifianto
2. Azizah Wina Sriwinarsih (E41182254)
3. Alvin(E41182112)
5. Ana Farida(E41182196)
https://youtu.be/0xJcd3FvAF8
3 APLIKASI VR (VIRTUAL REALITY) UNTUK TERMINASI FIBER OPTIC Virtual Reality Virtual Reality Terminasi Fiber Optik dapat memberikan informasi mengenai proses terminasi fiber optic berbentuk 3D dan memberikan simulasi berupa teks, audio, dan animasi. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu para siswa untuk mempelajari proses terminasi fiber optic secara virtual. Keunggulan : 1. Mudah untuk digunakan 2. Memudahkan dalam proses pembelajaran 3. Mempersingkat waktu
1. Aji Seto Arifianto
2. Muhammad Rifqi Firmansyah (E41181149)
3. Ferdiansyah R. Evanta (E41181181)
4. Indah Qurrothul Uyun (E41181117) 
5. Kirana Yuwita E.Y (E41180960)
https://youtu.be/pMIJA2V_0rc
4 Modul Pembelajaran Organ Dalam Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Augmented Reality Edu-Sains adalah Modul Pembelajaran Organ Dalam Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. yang berfungsi untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecerdasan ataupun keterampilan yang dibutuhkan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dibuat materi organ dalam pada manusia yang dipelajari akan di visualisasikan dalam bentuk 3D.
1. Aji Seto Arifianto
2. Egy Raka Tiony
3. Mochamad Ludfi Rahman (E41180507)
4. Moch. Famri Noer Priambodo(E41180690)
5. Franciska Wulandari(E41180738)
6. Gabriela Caroline Runturambi(E41180617)
https://youtu.be/cMo8YdQK0ME
5 Pengembangan Latihan Luas Gerak Sendi Berbasis Mixed Reality Untuk Terapi Kekakuan Otot Pada Ekstremitas Atas Mixed Reality Inovasi perangkat latihan luas gerak sendi atau range of motion menggunakan Mixed Reality untuk terapi ektremitas atas pasca stroke.
1. I Putu Dody Lesmana
2. Al Busran
https://www.youtube.com/watch?v=Pc0Y_fH70Js
6 Aplikasi Pertempuran Surabaya 10 November Berbasis Scrum Multinedia Permainan untuk membuat Game “Pertempuran Surabaya” yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 yang dikemas dalam sebuah game agar dapat menaikkan minat anak anak untuk mempelajari sejarah.
1. I Putu Dody Lesmana
2. Evan Hendra Lukito (E31171313)
3. M. Rizki Fadhoni (E31170087)
4. Hasan Saiful Rizal (E31170109)
5. Angga Andika Putra (E31170152)
https://www.youtube.com/watch?v=eAO5HrnPjyg
No. Nama Produk Jumlah Deskripsi
1 Penyangga Greenscreen 5 Baik
2 Lighting (Softbox + Lamp) 3 Baik
3 PC ROG 2 Baik
4 Camera 1 Baik
5 Boom Arm 2 Baik
6 Whitescreen 1 Baik
7 Tripod Camera 1 Baik
8 Microphone Stand 1 Baik
9 Jack xlr 5 Baik
10 Mic todong 1 Baik
11 LCD Monitor 1 Baik
12 Meja Editor 1 Baik
13 Komputer Editor 1 Baik
14 Mixer 1 Baik
15 Big Knob 1 Baik
16 Sound Flat 1 Baik
17 Headphone 2 Baik
18 Kursi Editor 1 Baik
19 Audio Interface 1 Baik
20 Mic Condensor 1 Baik
21 Pen Display 6 Baik
22 VGA 2 Baik
23 Memori RAM 2 Baik
24 VR 4 Baik
25 Mic Lavalier 2 Baik
26 Meja Dosen 1 Baik
27 Meja Imac Mahasiswa 20 Baik
28 Kursi Imac mahasiswa 29 Baik
29 TV LED 1 Baik
30 Pen Tablet 5 Baik
31 PC All In One 22 Baik
32 PC Render 2 Baik
33 Console Game 3 Baik
34 LCD Proyektor 1 Baik

Garis VI


Koordinator Garis Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T.
Anggota Garis
  1. I Putu Dody Lesmana, ST, MT
  2. Hariyono Rakhmad, S.Pd, M.Kom
  3. Dwi Putro Sarwo Setyohadi, S.Kom, M.Kom
  4. Taufiq Rizaldi, S.ST., MT
  5. Zilvanhisna Emka Fitri, ST. MT
  6. Nanik Anita Mukhlisoh, S.ST, MT
  7. Shabrina Choirunnisa, S.Kom.,M.Kom
  8. Dia Bitari Mei Yuana, S.ST., M.Tr.Kom
  9. Egy Raka Tiony, A.Md.
  10. Evan Hendra Lukito, A.Md.
Deskripsi Garis

Bidang Fokus Keahlian : Pengolahan Citra Digital dan Computer Vision, Interactive Media Design (Augmented/Virtual/Mixed Reality), Teknologi Game, HCI

Bagikan :