Email : |
---|
labmmc@polije.ac.id |
Kepala Laboratorium : |
Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T. |
Telepon : |
+62 8121622323 |
Website : |
http://jti.polije.ac.id/lab/mmc |
Alamat : |
Gedung Jurusan Teknologi Informasi Lt. 2 No. F2.10 Jl. Mastrip PO.BOX 164 Jember Jember Jawa Timur 68101 Indonesia |
Laboratorium Multimedia Cerdas yang kemudian lebih populer disebut sebagai Lab MMC resmi beroperasi sejak Februari 2020 berdasarkan SK Direktur Politeknik Negeri Jember Nomor 17407/PL17/KP/SK/2019 Tanggal 27 Desember 2019.
Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan praktikum Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi baik dari program studi Manajemen Informatika (D3), Teknik Komputer (D3), dan Teknik Informatika (D4).
Secara khusus Lab MMC diperuntukan menunjang kegiatan di bidang Multimedia. Lab MMC dilengkapi dengan berbagai perangkat penunjang Interactive Media Design, Augmented & Virtual Reality, dan Teknologi Game
No. | Kegiatan | Tanggal |
---|
No. | Nomor Dokumen | Nama Dokumen | Download |
---|---|---|---|
1 | Form permohonan penggunaan Laboraturium | Download | |
2 | Form peminjaman alat | Download | |
3 | SOP Laboraturium | Download | |
4 | Berita Acara Praktikum | Download | |
5 | Form serah terima hasil dan sisa praktek | Download | |
6 | Form berita acara perawatan dan perbaikan | Download | |
7 | Form berita acara kerusakan dan kehilangan | Download |
No. | Nama Produk | Kategori | Deskripsi | Personil | Link |
---|---|---|---|---|---|
1 | Puzzle 3D Bentuk Virtual Reality | Virtual Reality | Permainan Puzzle 3D Bentuk berbasis virtual reality merupakan permainan untuk anak anak PAUD umur 4 – 6 tahun . Permainan ini dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak untuk memaksimalkan potensi pada diri anak sejak usia sedini mungkin. Selain itu, dapat melatih daya ingat dan kecerdasan anak. Permainan ini dapat menunjang aktifitas belajar anak dalam usia perkembangannya. | 1. Aji Seto Arifianto 2. Egy Raka Tiony 3. Hisyam Haidar Amru 4. Achmad Syadidul Fahim (E41180100) 5. Nafis Hibatullah Lestamanta(E41180163) 6. Ratna Dwi Kristina Sari(E41180434) 7. Luqman Hakim(E41180965) |
https://youtu.be/kSUWQ1X-qX4 |
2 | PERMAINAN PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID (FRUTERIA GAMES) | Augmented Reality | Aplikasi Permainan Pengenalan Buah (Fruteria Games) merupakan media pembelajaran yang dirancang dalam bentuk game khusus untuk anak usia 3-5 tahun. Hasil dari aplikasi ini berupa pengenalan buah-buahan dengan 2 bahasa menggunakan Augmented Reality berbasis Android, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan anak dalam mengenal nama buah dalam bahasa Inggris, dan Indonesia. Aplikasi ini disajikan lebih menarik berupa gambar dan suara yang berfungsi untuk memudahkan anak mengenal bentuk buah dan juga cara pengucapannya dengan baik, dan marker yang apabila terdeteksi akan menampilkan buah dalam 3D pada layer smartphone untuk mempermudah anak dalam memVisualisasikan dan berinteraksi secara lebih nyata. | 1. Aji Seto Arifianto 2. Azizah Wina Sriwinarsih (E41182254) 3. Alvin(E41182112) 5. Ana Farida(E41182196) |
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DefaultCompany.FruteriaGames |
3 | APLIKASI VR (VIRTUAL REALITY) UNTUK TERMINASI FIBER OPTIC | Virtual Reality | Virtual Reality Terminasi Fiber Optik dapat memberikan informasi mengenai proses terminasi fiber optic berbentuk 3D dan memberikan simulasi berupa teks, audio, dan animasi. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu para siswa untuk mempelajari proses terminasi fiber optic secara virtual. Keunggulan : 1. Mudah untuk digunakan 2. Memudahkan dalam proses pembelajaran 3. Mempersingkat waktu | 1. Aji Seto Arifianto 2. Muhammad Rifqi Firmansyah (E41181149) 3. Ferdiansyah R. Evanta (E41181181) 4. Indah Qurrothul Uyun (E41181117) 5. Kirana Yuwita E.Y (E41180960) |
https://youtu.be/pMIJA2V_0rc |
4 | Modul Pembelajaran Organ Dalam Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android | Augmented Reality | Edu-Sains adalah Modul Pembelajaran Organ Dalam Manusia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. yang berfungsi untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecerdasan ataupun keterampilan yang dibutuhkan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dibuat materi organ dalam pada manusia yang dipelajari akan di visualisasikan dalam bentuk 3D. | 1. Aji Seto Arifianto 2. Egy Raka Tiony 3. Mochamad Ludfi Rahman (E41180507) 4. Moch. Famri Noer Priambodo(E41180690) 5. Franciska Wulandari(E41180738) 6. Gabriela Caroline Runturambi(E41180617) |
https://youtu.be/cMo8YdQK0ME |
5 | Pengembangan Latihan Luas Gerak Sendi Berbasis Mixed Reality Untuk Terapi Kekakuan Otot Pada Ekstremitas Atas | Mixed Reality | Inovasi perangkat latihan luas gerak sendi atau range of motion menggunakan Mixed Reality untuk terapi ektremitas atas pasca stroke. | 1. I Putu Dody Lesmana 2. Al Busran |
https://www.youtube.com/watch?v=Pc0Y_fH70Js |
6 | Aplikasi Pertempuran Surabaya 10 November Berbasis Scrum | Multinedia Permainan | untuk membuat Game “Pertempuran Surabaya” yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 yang dikemas dalam sebuah game agar dapat menaikkan minat anak anak untuk mempelajari sejarah. | 1. I Putu Dody Lesmana 2. Evan Hendra Lukito (E31171313) 3. M. Rizki Fadhoni (E31170087) 4. Hasan Saiful Rizal (E31170109) 5. Angga Andika Putra (E31170152) |
https://www.youtube.com/watch?v=eAO5HrnPjyg |
7 | Virtual Reality (VR) untuk Modul Pembelajaran Inseminasi Buatan pada Sapi | Virtual Reality | Inseminasi buatan pada sapi memiliki tantangan sendiri untuk dipelajari, apalagi bagi inseminator pemula. Salah satunya bisa berakibat fatal pada sapi. Namun, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan inovasi modul pembelajaran inseminasi pada sapi berbasis virtual reality, karena menggunakan objek virtual dapat digunakan berulang tanpa resiko pada sapinya secara langsung | 1. Yosef Triadi Setiawan S. 2. Aji Seto Arifianto, S.ST, M.T 3. drh. Aan Awaludin |
https://www.youtube.com/watch?v=lTm8uM_GfnY&t=159s |
No. | Nama Produk | Jumlah | Deskripsi |
---|---|---|---|
1 | Penyangga Greenscreen | 5 | Baik |
2 | Lighting (Softbox + Lamp) | 3 | Baik |
3 | PC ROG | 2 | Baik |
4 | Camera | 1 | Baik |
5 | Boom Arm | 2 | Baik |
6 | Whitescreen | 1 | Baik |
7 | Tripod Camera | 1 | Baik |
8 | Microphone Stand | 1 | Baik |
9 | Jack xlr | 5 | Baik |
10 | Mic todong | 1 | Baik |
11 | LCD Monitor | 1 | Baik |
12 | Meja Editor | 1 | Baik |
13 | Komputer Editor | 1 | Baik |
14 | Mixer | 1 | Baik |
15 | Big Knob | 1 | Baik |
16 | Sound Flat | 1 | Baik |
17 | Headphone | 2 | Baik |
18 | Kursi Editor | 1 | Baik |
19 | Audio Interface | 1 | Baik |
20 | Mic Condensor | 1 | Baik |
21 | Pen Display | 6 | Baik |
22 | VGA | 2 | Baik |
23 | Memori RAM | 2 | Baik |
24 | VR | 4 | Baik |
25 | Mic Lavalier | 2 | Baik |
26 | Meja Dosen | 1 | Baik |
27 | Meja Imac Mahasiswa | 20 | Baik |
28 | Kursi Imac mahasiswa | 29 | Baik |
29 | TV LED | 1 | Baik |
30 | Pen Tablet | 5 | Baik |
31 | PC All In One | 22 | Baik |
32 | PC Render | 2 | Baik |
33 | Console Game | 3 | Baik |
34 | LCD Proyektor | 1 | Baik |
Koordinator Garis | Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T. |
---|---|
Anggota Garis |
|
Deskripsi Garis | Bidang Fokus Keahlian : Pengolahan Citra Digital dan Computer Vision, Interactive Media Design (Augmented/Virtual/Mixed Reality), Teknologi Game, HCI |