Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital dilatarbelakangi oleh tingginya angka usia produktif (bonus demografi) namun tidak seimbang dengan fakta bahwa lapangan pekerjaan yang terbatas sehingga berpotensi menjadi beban masyarakat dan masalah sosial (social problem). Memasuki era revolusi industri 4.0 pemanfaatan teknologi informasi meningkat pesat ternasuk terbukanya potensi usaha baru berbasis teknologi informasi srhingga menyebabkan tingginya permintaan tenaga profesional di bidang teknologi informasi serta inovator baru yang bergerak dalam bisnis digital. Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital berpotensi memberikan kontribusi dalam menyediakan tenaga kerja profesional dan calon wirausaha bidang bisnis digital.

Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital memberikan kontribusi untuk memperkuat penciptaan bisnis kreatif digital, startup, pengembangan desa, agro dan ekowisata berbasis digital, kewirausahaan yang berbasis sosial dan teknologi (Sosio Technopreneur) dalam mengatasai permasalahan di masyarakat terutama di pedesaan khususnya dalam bidang pertanian. Elaborator data sumber daya lokal pedesaan untuk pengembangan ekonomi kreatif pedesaan yang berkelanjutan dengan fasilitasi teknologi informasi, pengembangan aplikasi baru atau improvisasi terhadap aplikasi yang sudah ada pada bidang agribisnis. Kurikulum program studi Sarjana Terapan Bisnis Digital terdiri dari 144 sks dengan komposisi 80 sks teori dan 64 sks praktik. Memberikan porsi praktikum dalam bentuk workshop yaitu dalam proses pemebelajaran terjadi kesinambungan antara teori yang diajar tiap semester dengan workshop tiap semester sehingga mahasiswa bisa mengeksplorasi masalah, membuat solusi dari permasalahan sampai dengan membangun produk inovasi bisnis digitalnya.

Visi

Politeknik Negeri Jember untuk menjadi Politeknik Unggul di Asia Tahun 2035 yang merupakan wujud dari landasan penentuan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan era digital saat ini.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi program sarjana yang bertujuan menghasilakn sarjana trepan bidang Bisnis Digital yang memeliki kompetensi sebagai Digital entrepreneur (Wirausaha Digital).
  2. Memperkuat landasan keilmuan teknologi informasi di bidang bisnis digital untuk pengembangan IPTEKS dan dapat diterapkan di masyarakat.
  3. Menjalin sinergi pendidikan sarjana terapan dengan kegiatan penelitian dan pengabdian yang bersifat berkelanjutan, mendalam, lintas disiplin yang menghasilkan solusi untuk permasalahan bangsa.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi dan industri yang mendukung Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, maka ditetapkan tujuan Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital yaitu sebagai berikut :

  1. Mendidik mahasiswa yang ahli dan kompeten di bidang bisnis digital.
  2. Mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam rangka pengembangan IPTEKS yang dapat diterapkan di masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan sarjana terapan dibidang bisnis digital yang berbasis IPTEKS, bermoral tinggi, berkualitas dan berintegritas.
  4. Berperan aktif dalam kegiatan yang mendukung program bisnis digital terapan baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Membangun dan mengembangkan jaringan kerja nasional dan kolaborasi internasional baik dalam penelitian atau mencari solusi untuk permasalahan bangsa.

 

Ketua Program Studi Bisnis Digital

 

Admin Program Studi Bisnis Digital


Arsip belum tersedia
Bagikan :