Aplikasi Pembelajaran Ghorib Dan Musyikilat Berbasis Mobile Android, Habibatus Saadah, NIM E31200443, Tahun 2023, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Taufiq Rizaldi, S.ST., MT (Dosen Pembimbing)
Pembelajaran dalam pendidikan diartikan suatu rangkaian kegiatan dalam proses belajar yang dimana pada kegiatan tersebut dilakukan sebuah penyampaian suatu penegetahuan untuk diterima pendengar. Namun saat ini pembelajaran yang hanya mendengar dan mencatata penjelasan dirasa kurang menyenangkan, berdasarkan peraturan Pemenrintah Nomor 19 ayat 1 meyatakan «Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselanggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, peserta didik untuk berpartisipasi aktif, sesuai dengan bakata, minat, dan perkembangan fisik secara psikologis peserta didik». Tetapi dalam realitasnya dari kaum muslim masih banyak yang masih belum bisa dan mengerti dan membaca Al-Quran dengan benar. Dalam Al-Quran terdapat bacaan-bacaan ghorib dan musykilat dalamnya, oleh karena itu untuk memperbaiki keadaan tersebut diperlukanya pembelajaran untuk mengenal dan membaca bacaan ghorib dan musykilat yang perlu diterapkan kepada anak-anak saat ini. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada sala satu Yayasan Pendidikan Islam di kota Jember yang beralamat Jl. Irian No. 04 Galek Barat Suci Panti dengan nama Madrasah Diniyah – TPQ Sunan Kalijaga banyak anak mengikuti kegiatan mengaji dengan bergantina secara individu untuk dinilai oleh pengajar, hal tersebut dirasa kurang efektif dalam pembelajaran