DESAIN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI SURAT MENYURAT
BERBASIS WEB LARAVEL, Achsanul Khizam, NIM E41170873, Tahun 2021,
Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Moch. Munih Dian W, S.Kom,
M.T (Pembimbing), Achmad Roedy Witarsa (Pembimbing Lapang).
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang
berkembang dengan pesat sangat berpengaruh terhadap segala aktivitas, kehidupan
pribadi, cara kerja, metode belajar maupun pola berpikir. Pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi sangatlah penting untuk keberhasilan suatu organisasi
secara keseluruhan untuk memperluas fungsi dan peran dari sistem informasi.
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat, teknologi yang ada saat
ini semakin canggih sehingga harus benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal
dan digunakan untuk hal yang positif. Kantor Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM) adalah salah satu perusahaan air minum di Daerah Bondowoso yang
dikelola oleh Pemerintah Kota yang bergerak di bidang penyediaan air minum serta
melayani berbagai keperluan masyarakat seperti cek tagihan PDAM / PAM, info
tagihan PDAM, cek rekening air, hingga pembayaran PDAM secara online maupun
langsung. Teknologi yang ada saat ini di kantor PDAM pada umumnya masih
tergolong manual atau tradisional salah satunya yaitu kegiatan surat menyurat.
Terkadang dalam penulisan surat masih menggunakan cara sederhana yaitu cukup
dengan menulis di selembar kertas. Cara atau teknik yang digunakan masih
berdasarkan atas kemampuan dari staf dan karyawan PDAM. Di salah satu sisi
karyawan dan pimpinan maupun staf menginginkan agar surat tersebut dikirimkan
dengan cepat agar dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga pekerjaan menjadi
lebih mudah. Teknologi yang ada saat ini, khususnya di bidang teknologi informasi
menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.