Strategi Pengoptimalan Restart ONT Pada HVC Dalam Manajemen Jaringan dan Pelayanan Pelanggan di Telkom Akses Pasuruan, Jawa Timur, Ananda Anggi Dwi Cahyo, NIM E32212299. Januari 2024, Teknik Komputer, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Denny Wijanarko, ST, MT (Dosen Pembimbing), Andy Siswanto (Pembimbing Lapang).
Telkom Akses merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk. dan berdiri sejak tanggal 12 Desember 2012. Di Telkom Akses memiliki expertise secara end to end dalam value chain mulai tahap perencanaan, pembangunan hingga operasi dan pemeliharaan. Coverage area kami menjangkau operasi secara Nasional dalam mendukung percepatan penetrasi jaringan broadband di Indonesia. Telkom Akses memiliki portofolio yaitu : Survei, Drawing, dan Data Inventory, pembangunan jaringan, layanan pasang baru, operasi dan pemeliharaan jaringan, dan jasa layanan operasi.
Selama kegiatan magang berlangsung penulis mengambil salah satu kegiatan sesuai dengan kemampuan yaitu kegiatan restart ONT dan HVC. Restart ONT (Optical Network Terminal) adalah perangkat yang terhubung dengan jaringan serat optik dan berfungsi sebagai antarmuka untuk menghubungkan pelanggan dengan layanan broadband, telepon, dan televisi. Restart ONT bisa dilakukan jika terjadi masalah teknis atau gangguan pada layanan yang terkait dengan ONT tersebut. Apabila pelanggan mengalami gangguan pada jaringannya, maka teknisi on desk yang bertugas akan mengecek dengan mengukur HVC setiap jam agar tahu jika ada pelanggan HVC yang mengalami LOS. Setelah itu teknisi on desk akan menghubungi pelanggan untuk konfirmasi apakah gangguan pada jariangannya atau tidak.
Hasil dari kegiatan ini adalah jika masalahnya terkait dengan gangguan sementara atau kesalahan konfigurasi, restart ONT dapat memperbaiki masalah koneksi pelanggan. Pada pengukuran HVC mungkin dilakukan untuk menilai kualitas sinyal, identifikasi potensi gangguan pada sistem kabel tegangan tinggi yang dapat diatasi sebelum menjadi masalah serius.