Analisis dan Pengembangan UI/UX Website E-Vote di SMKN 1 Tapen
Menggunakan Metode Design Thinking, Deo Andreas Syaputra, NIM
E41212022, Tahun 2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember,
Prawidya Destarianto,S.kom, M.T. (Pembimbing).
Website E-Vote merupakan sebuah sistem digital yang dirancang untuk
mempermudah proses pemungutan suara secara online di SMKN 1 Tapen. Sistem
ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, serta kenyamanan dalam
pemilihan OSIS. Namun, dalam pengembangannya, ditemukan beberapa kendala
seperti desain antarmuka yang kurang menarik dan navigasi yang belum optimal,
yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, diterapkan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap utama:
empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode ini memungkinkan
pendekatan berbasis pengguna untuk merancang solusi yang lebih efektif. Selain
itu, evaluasi usability dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale
(SUS) dan tools Maze guna mengukur tingkat kemudahan penggunaan sistem.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa website E-Vote memperoleh skor
SUS sebesar 13.247,5 dengan total responden 148, menghasilkan skor rata-rata
89,51 (Grade Skala A) yang menandakan kinerja sangat baik. Skala Adjective
“Excellent” menunjukkan bahwa antarmuka yang dikembangkan memiliki
usability yang sangat baik, sementara Acceptability Ranges dalam kategori
“Acceptable” menandakan bahwa sistem dapat diterima dengan baik oleh
pengguna. Pengujian dengan Maze menghasilkan Usability Score sebesar 95, yang
menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa mudah dalam menavigasi website
dan menemukan fitur yang dibutuhkan. Dengan hasil yang diperoleh, dapat
disimpulkan bahwa website E-Vote SMKN 1 Tapen memiliki desain UI/UX yang
intuitif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Implementasi sistem ini
diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pemilih dalam proses pemungutan
suara digital serta menjadi model bagi sekolah lain yang ingin mengembangkan
sistem pemilihan berbasis teknologi.