PENGUJIAN SISTEM INFORMASI UMUM DAN BMN PADA POLITEKNIK NEGERI JEMBER MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING. Yudistira NIM. E41212491. Tahun 2022, 60 halaman. Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ratih Ayuninghemi, S.ST., M.Kom. (Pembimbing Magang), Moh. Ali Imron, SE. (Pembimbing Lapang).
Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu lembaga pendidikan vokasi yang memberikan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian mahasiswanya. Politeknik Negeri Jember mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan magang sebagai salah satu syarat kelulusan.. Sebagai salah satu mahasiswa di Politeknik Negeri Jember khusunya pada Jurusan Teknologi Informasi Program D4-Teknik Informatika, penulis memilih Politeknik Negeri Jember sebagai lokasi pelaksanaan magang karena di tempat tersebut penulis dapat menerapkan kemampuan dan keahlian yang sudah di pelajari selama duduk di bangku kuliah.
Penulis melaksanakan kegiatan magang pada Sub. Koordinator Bidang Umum dan BMN. Bidang tersebut merupakan sarana yang tepat untuk mengimplementasikan pengetahuan yang selama ini didapatkan di bangku perkuliahan serta untuk mengembangkan kemampuan dalam beradaptasi dengan dunia kerja. Sub Koordinator Bidang Umum dan BMN merupakan bidang yang berada pada lingkup Koordinator Bagian Umum dan Keuangan Politeknik Negeri Jember yang mempunyai tugas melakukan urusan Persuratan, Kearsipan, Dokumentasi, Keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, Keprotokolan dan Hubungan Masyarakat, dan Barang Milik Negara.
Selama melaksanakan kegiatan magang penulis melakukan beberapa macam kegiatan seperti kegiatan Pengelolaan Barang Milik Negara khususnya pada proses penatausahaan Barang Milik Negara yang terdiri dari Pencatatan, Inventarisasi, dan Pelaporan. Pencatatan adalah kegiatan pendaftaran dan pencatatan BMN ke dalam daftar barang yang ada pada pengguna barang dan pengelola barang. Sedangkan inventarisasi adalah suatu kegiatan yang terdiri dari pencatatan, pendataan,dan pelaporan hasil pendataan yang dimaksudkan untuk mengetahui jumlah, nilai, dan kondisinya. Lalu pelaporan adalah Kegiatan penyampaian data dan informasi yang dilakukan oleh unit pelaksana penatausahaan BMN pada Pengguna Barang dan Pengelola Barang. Namun selama proses PKL berlangsung penulis lebih mengimplementasikan kegiatan Pengelolaan, Pencatatan, Penatausahaan Barang Milik Negara.
Dalam kegiatan tersebut, sudah tersedia aplikasi pendukung Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) yang berasal dari Kementerian Keuangan RI yang sifatnya standalone/berdiri sendiri/aplikasi dekstop, yang menyebabkan data tidak bisa diakses secara langsung oleh pimpinan terkait. Untuk menjembatani data inventarisasi tersebut dirasa perlu mengembangkan sistem informasi untuk menyediakan data atau detail transaksi/kegiatan pelayanan inventarisasi baik itu Pengelolaan, Pencatatan, Penatausahaan Barang Milik Negara secara langsung/realtime untuk keperluan monitoring dan evaluasi ditingkat pimpinan. Sehingga penulis membuat perancangan sistem informasi berbasis web, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tersebut.