Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be a SIP College Student” (Sub: Controller), Murpy Satriya Nugraha, Tahun 2021, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ika Widiastuti, S.ST., M.T. (Pembimbing). Kehidupan kampus merupakan masa dimana mahasiswa menempuh masa perkuliahan dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar di perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan jenjang tertinggi untuk menuntut ilmu dalam pendidikan di Indonesia. Banyak mahasiswa merasa bahwa kehidupan kampus sulit dijalankan dan membosankan. Bahkan sering terjadi mahasiswa salah dalam memilih pergaulan dan merasa salah jurusan termasuk pada jurusan di bidang Teknologi Informasi yang terkenal sulit, sehingga membuat mahasiswa malas dan tidak bisa menjalankan perkuliahan dengan sepenuh hati.
Penggunaan game sebagai sarana edukasi merupakan salah satu cara efektif untuk mengedukasi seseorang, oleh karena itu dibuatlah game visual novel “Let’s Be a SIP College Student” sebagai sarana edukasi.Saat memainkan game “Let’s Be a SIP College Student” pemain akan disuguhkan beberapa fitur seperti memasukkan nama, memilih rute, melihat progress cerita, interaksi npc, mencatat materi, hingga mengikuti ujian. Game dapat berjalan pada platform desktop pc, android, maupun web dengan ketentuan jika melalui web harus menyediakan koneksi internet. Game berjalan sesuai dengan yang diinginkan setelah melalui tahap pengujian.