Aplikasi Pengenalan Angka dan Penjumlahan untuk Anak Sekolah Dasar 
Berbasis Dua Marker Augmented Reality, Ayu Eka Ciptasari, NIM E31221209, 
Tahun 2025, 72 halaman., Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Faisal 
Lutfi Afrinasnyah, S.Kom., M.T. (Pembimbing).  
Proses pembelajaran di sekolah dasar memerlukan pendekatan yang 
menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Namun, 
observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan di sekolah 
dasar, khususnya pada siswa kelas 1, masih didominasi oleh buku cetak. Hal ini 
membuat proses pembelajaran matematika, seperti pengenalan angka dan 
penjumlahan, menjadi kurang menarik dan sulit dipahami secara visual oleh siswa. 
Seiring dengan perkembangan zaman, dibutuhkan media pembelajaran alternatif 
yang dapat mendukung pembelajaran visual dan meningkatkan interaksi siswa 
terhadap materi. Salah satu teknologi yang tepat untuk digunakan adalah 
Augmented Reality (AR), karena dapat menggabungkan objek virtual ke dalam 
dunia nyata secara real-time dan interaktif.  
Untuk itu, dikembangkanlah sebuah aplikasi media pembelajaran bernama 
ARitmatika Kids berbasis AR dengan memanfaatkan dua marker, yang bertujuan 
untuk membantu siswa mengenali angka dan memahami konsep penjumlahan 
dasar. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life 
Cycle (MDLC), serta dibangun dengan tools seperti Unity, Vuforia SDK, dan 
Firebase. Fitur utama dalam aplikasi ini meliputi AR Kamera untuk menampilkan 
angka 3D, fitur penggabungan dua marker untuk visualisasi penjumlahan, serta 
menu Materi dan Quiz yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa 
terhadap materi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Pretest dan 
Posttest untuk mengukur pemahaman siswa. Aplikasi ARitmatika Kids telah 
dipublikasikan melalui Google Play Store, sehingga dapat diakses dengan mudah 
oleh guru dan siswa. Penulis berharap, media pembelajaran ini dapat menjadi solusi 
inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam mempelajari 
matematika dasar secara lebih menyenangkan dan interaktif.