Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Jaringan Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil Berbasis Augmented Reality, Kana Farira Salsabila, NIM E41190322, Tahun 2023, 101 hlm., Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Aji Seto Arifianto, S.ST., M.T (Pembimbing). Jaringan tumbuhan berada pada semua organ tumbuhan seperti akar, daun, batang, bunga, biji, dan buah. Struktur jaringan organ tumbuhan merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA. Diantara materi tentang struktur jaringan organ tumbuhan terdapat materi untuk membedakan tumbuhan monokotil dan dikotil. Namun proses pembelajaran secara konvensional masih memiliki kekurangan seperti penggunaan mikroskop yang tidak mudah, sehingga siswa mudah jenuh dalam proses memahami materi, sedangkan para guru tidak mudah dalam memastikan tingkat pemahaman materi pada setiap siswa sewaktu melakukan pengamatan di laboratorium. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran jaringan tumbuhan dikotil dan monokotil dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang lebih menarik, interaktif, efektif, dan mudah dipahami. Sehingga pada proses pengembangan aplikasi ini peneliti akan menggunakan metode Markerless yang dapat mempermudah menampilkan objek 3D tanpa bantuan marker. Kemudian aplikasi dapat menampilkan setiap sel struktur jaringan pada tumbuhan monokotil dikotil kedalam bentuk objek 3D. Hasil dari pengembangan ini adalah aplikasi pembelajaran yang mampu menjadi media pembelajaran tambahan baru yang lebih menarik dan interaktif untuk memahami materi struktur jaringan tumbuhan monokotil dan dikotil dan sistem yang penulis kembangkan berhasil mengimplementasikan teknologi Augmented Reality ke bidang pendidikan. Hasil pengujian UAT diperoleh dari siswa SMA dan guru SMA mata pelajaran Biologi, sistem mendapatkan presentase rata-rata 76% yang artinya sudah sesuai dengan rencana.