Sistem Informasi Pengolah Pesan merupakan sistem informasi berbasis website
yang berfungsi untuk mengatur tata kelola surat serta pengaturan arsip surat. Surat yang
dikelola meliputi surat rapat, surat pinjam kendaraan, surat peringatan, surat terlambat,
dan lain-lain. Adanya Sistem Informasi Pengolah Pesan PT. Indo Pusaka Berau (OAIPB) dapat dengan cepat melakukan proses pendataan surat masuk maupun surat
keluar.
Sistem informasi yang baik tidak selalu menghasilkan informasi yang valid.
Namun sistem yang baik adalah sistem yang dapat mengubah sumber daya input
menjadi sumber daya output yang mempunyai kualitas data yang valid dan teruji
kebenarannya, kesempurnaan, tepat waktu, relevan, serta mudah dan murah. Untuk
mencapai output dengan kualitas yang baik, harus berasal dari input yang baik juga.
Jika input buruk (tidak lengkap dan akurat) maka output yang dihasilkan akan buruk
juga.
Dari permasalahan di atas, maka perlu adanya sebuah pengujian aplikasi Sistem
Informasi Pengolah Pesan PT Indo Pusaka Berau pada PT Sabin Solusi Sejahtera.
Metode yang digunakan adalah Black Box Testing Equivalence Partitions, dengan
metode ini diharapkan dapat membantu dalam mencari kesalahan/kegagalan dalam
operasi tingkat tinggi, yang mencakup kemampuan dari perangkat lunak, operasional
atau tata laksana, skenario pemakai.