Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Dikantin Polije Menggunakan Metode Design Thingking, Firdaturrofiah, NIM E31222653, Tahun 2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ely Mulyadi S.E., M.Kom. (Dosen Pembimbing).
Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang perancangan ulang (redesign) antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada aplikasi Dikantin Polije, sebuah platform layanan pesan antar makanan dan minuman yang digunakan di lingkungan Politeknik Negeri Jember. Redesign dilakukan sebagai respons terhadap hasil evaluasi usability sebelumnya yang menunjukkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 60.125 dari 100, yang masuk dalam kategori Grade D dengan tingkat penerimaan rendah.
Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses diawali dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner kepada pengguna aplikasi, seperti mahasiswa, penjual, kurir, dan kasir. Hasil identifikasi menunjukkan sejumlah permasalahan, seperti tampilan antarmuka yang kurang menarik, ukuran font kecil, tidak adanya fitur chat, keterbatasan metode pembayaran, serta kurangnya efisiensi navigasi aplikasi.
Setelah dilakukan analisis, pengembangan desain dilakukan melalui pembuatan user persona, sitemap, user flow, wireframe, high fidelity dan prototype menggunakan tools seperti Figma serta pengujian dilakukan menggunakan Maze dan Google Form. Prototype diuji oleh 20 responden menggunakan metode SUS kembali. Hasil pengujian akhir menunjukkan skor rata-rata sebesar 84.875, yang berada pada Grade Scale B dan Adjective Rating: Good, menandakan adanya peningkatan sebesar 41,16?ri pengujian sebelum dilakukan redesign. Hasil Desain selanjutnya dilakukan implementasi dari tampilan antarmuka menggunakan Flutter.