INOVASI PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS REMOTE CONTROL
BLUETOOTH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI
SISWA SEKOLAH DASAR, Ihya Nurina Ratindra, NIM E32220570, Tahun
2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, I Gede Wiryawan, S.Kom.,
M.Kom. (Dosen Pembimbing).
Tugas akhir ini mengembangkan media pembelajaran berbasis pendekatan
STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) menggunakan
mini robot yang dikendalikan dengan aplikasi PictoBlox. Tujuan dari
pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan
logika pemrograman siswa sekolah dasar secara terintegrasi, dengan melibatkan
guru sebagai fasilitator pembelajaran. Model pembelajaran yang dirancang
mencakup penyusunan silabus dan dua jenis modul, yaitu modul ajar untuk guru
dan modul belajar untuk siswa, yang disusun dengan gaya bahasa berbeda
menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Mini robot yang dikembangkan terdiri
dari tiga varian, yaitu robot kontrol Bluetooth, robot gripper, dan robot soccer, yang
dirakit menggunakan mikrokontroler ESP32, motor DC, servo, dan komponen
pendukung lainnya. Robot-robot ini tidak menggunakan sensor, dan dirancang
dengan fokus pada logika perintah gerakan dasar. Dalam proses pengembangan,
robot dikendalikan secara manual melalui logika blok di PictoBlox, dan
pembelajarannya disesuaikan untuk siswa SD dalam bentuk aktivitas kolaboratif
berbasis proyek. Uji coba dilakukan di SD Al Furqan Jember bersama guru kelas
dan kepala sekolah, menunjukkan bahwa pendekatan ini dinilai efektif untuk
membangun ketertarikan siswa terhadap teknologi. Evaluasi dari guru
menunjukkan bahwa media dan modul mudah dipahami dan aplikatif, serta dinilai
layak untuk dikembangkan sebagai kurikulum pembelajaran jangka panjang.
Penyempurnaan dilakukan pada aspek visual modul dan alokasi waktu
pembelajaran, yang disarankan diperluas menjadi satu semester. Inovasi ini
menunjukkan potensi besar untuk diterapkan secara luas di sekolah dasar sebagai
alternatif pembelajaran yang kreatif dan kontekstual.