Aplikasi Pengenalan Angka dan Penjumlahan untuk Anak Sekolah Dasar
Berbasis Dua Marker Augmented Reality, Ayu Eka Ciptasari, NIM E31221209,
Tahun 2025, 72 halaman., Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Faisal
Lutfi Afrinasnyah, S.Kom., M.T. (Pembimbing).
Proses pembelajaran di sekolah dasar memerlukan pendekatan yang
menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Namun,
observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan di sekolah
dasar, khususnya pada siswa kelas 1, masih didominasi oleh buku cetak. Hal ini
membuat proses pembelajaran matematika, seperti pengenalan angka dan
penjumlahan, menjadi kurang menarik dan sulit dipahami secara visual oleh siswa.
Seiring dengan perkembangan zaman, dibutuhkan media pembelajaran alternatif
yang dapat mendukung pembelajaran visual dan meningkatkan interaksi siswa
terhadap materi. Salah satu teknologi yang tepat untuk digunakan adalah
Augmented Reality (AR), karena dapat menggabungkan objek virtual ke dalam
dunia nyata secara real-time dan interaktif.
Untuk itu, dikembangkanlah sebuah aplikasi media pembelajaran bernama
ARitmatika Kids berbasis AR dengan memanfaatkan dua marker, yang bertujuan
untuk membantu siswa mengenali angka dan memahami konsep penjumlahan
dasar. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life
Cycle (MDLC), serta dibangun dengan tools seperti Unity, Vuforia SDK, dan
Firebase. Fitur utama dalam aplikasi ini meliputi AR Kamera untuk menampilkan
angka 3D, fitur penggabungan dua marker untuk visualisasi penjumlahan, serta
menu Materi dan Quiz yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa
terhadap materi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Pretest dan
Posttest untuk mengukur pemahaman siswa. Aplikasi ARitmatika Kids telah
dipublikasikan melalui Google Play Store, sehingga dapat diakses dengan mudah
oleh guru dan siswa. Penulis berharap, media pembelajaran ini dapat menjadi solusi
inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam mempelajari
matematika dasar secara lebih menyenangkan dan interaktif.