Pembuatan Aplikasi Ticketing Pada PT Indonesia Comnets Plus
(ICON+) Gandul, Diki Taufik Gurohman, NIM E32190192, Tahun 2021,
Teknologi
Informasi, Politeknik Negeri Jember, Yogiswara, ST,
MT.
(Pembimbing Utama) dan Rico Yusman (Pembimbing Lapang).
Didirikan pada tanggal 3 Oktober 2000, PT Indonesia Comnets Plus
(ICON+) berfokus pada penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi,
khusus untuk mendukung teknologi dan sistem informasi PT PLN (Persero) dan
publik. Untuk itu Perseroan mengadakan berbagai layanan unggulan seperti Clear
Channel, Multi Protocol Label Switching (MPLS), akses internet broadband,
Voice over Internet Protocol (VoIP), dan aplikasi perbankan.
Sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh PLN, pada awalnya
ICON+ berfokus untuk melayani kebutuhan PLN akan jaringan telekomunikasi.
Seiring dengan kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi dengan tingkat
availability dan reliability yang konsisten, Perseroan melihat peluang baru untuk
mengembangkan usahanya yaitu dengan mengomersialkan kelebihan kapasitas
jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PLN di Jawa dan Bali.
Layanan ini sangat tepat bagi perusahaan yang membutuhkan koneksi point
to point berkapasitas bandwidth besar dengan tingkat privasi dan keamanan yang
tinggi. Dalam upaya menyediakan layanan yang handal selalu tersedia, dan
dengan down time minimal, sehingga memenuhi service level agreement, ICON+
didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman serta
jaringan serat optic sepanjang hampir 891.000 Km yang mencakup Sumatra,
Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Kalimantan. Sesuai dengan visi ICON+
yaitu menjadi penyedia jaringan terkemuka di Indonesia, pada tahun 2008
Perseroan melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke Pulau
Sumatra dan wilayah-wilayah terpencil di Indonesia, serta memaksimalkan
pendayagunaan hak jaringan ketenagalistrikan milik PLN yang mencakup seluruh
wilayah Nusantara, yaitu "Right of Ways" (RoW).