Analisis Efektifitas Layanan Darurat Ngalam 112 dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Malang (Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang), Siti Lailatul Amalia, NIM E31221235, Tahun 2024, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Nanik Anita Mukhlisoh, S.ST,MT (Dosen Pembimbing), Intan Andi Kurnia Nanda, S.KOM (Pembimbing Lapang).
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang merupakan sebuah instansi yang bertanggung jawab atas pengolahan informasi dalam lingkungan pemerintahan di bidang komunikasi, informatika, dan statistik. Kantor ini terletak di Perkantoran Terpadu Pemerintah Kota Malang, Gedung A Lantai 4, Jl. Mayjen Sungkono, Arjowinangun, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65132. Salah satu tugas utama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang adalah menyediakan layanan darurat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, seperti layanan darurat Ngalam 112 di Kota Malang. Layanan ini dapat diakses oleh masyarakat selama 24 jam secara gratis untuk berbagai keadaan darurat, termasuk kecelakaan, kebakaran, banjir, bencana alam, tindak kriminal, hingga kebutuhan ambulans. Manfaat layanan ini untuk membantu masyarakat dalam menghadapi situasi darurat, sistem ini juga mengurangi kebingungan masyarakat karena hanya satu nomor yang perlu dihubungi, tanpa harus mencari nomor setiap instansi untuk membantu kedaruratannya. Dengan dukungan teknologi komunikasi yang semakin canggih, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang tidak hanya menyediakan layanan yang berbasis kebutuhan publik, tetapi juga mendukung implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Hal ini memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah.