Yayasan Rumah Itqon Zakat dan Infak atau disingkat RIZKI pada mulanya merupakan lembaga sosial keagamaan dengan segala kiprah dan aktivitas sosial pendidikan dan dakwah di tengah masyarakat. Seiring berjalannya waktu selaras dengan aspirasi dari masyarakat menuntut peran lembaga agar mampu menjawab permasalahan dihadapi oleh umat maka Yayasan Rumah Itqon Zakat dan Infak mengukuhkan diri menjadi Lembaga Amil Zakat ditandai pada tahun 2017 mendapatkan rekomendasi dari BAZNAZ, sekaligus ditandai dengan penetapan sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Kota/Kabupaten melalui SK Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. RIZKI betugas sebagai perantara untuk menyalurkan dana dari donatur khususnya muzakki kepada mustahiq. Salah satu misi RIZKI yaitu menjadikan lembaga sebagai instrument kreatif dan inovatif berbasis pendekatan teknologi untuk menumbuhkan penghimpunan Zakat, Infak Shodaqoh (ZIS) masyarakat.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengukur kualitas website GoRizki menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) terdiri dari 26 item skala penilaian yang dikelompokkan menjadi 6 variabel yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependabillity, stimulation dan novelty. Didapati hasil hasil rata-rata faktor attractiveness (daya tarik) dengan rata-rata nilai 0,09 “bad”, faktor perspicuity (kejelasan) dengan rata-rata nilai 0,33 “bad”, efficiency (efisiensi) dengan rata-rata nilai -0,07 “bad”, dependability (ketepatan) dengan rata-rata nilai 0.10 “bad”, stimulation (stimulasi) dengan rata-rata nilai 0.32 “bad”, dan novelty (kebaruan) dengan rata-rata nilai 0.29 “below average”. Kemudian dilakukan pembuatan design dan prototype sebagai rekomendasi tampilan website Nelayan Kita menggunakan metode GDD (Goal Directed Design) dengan proses research, modeling, requirement definition, Framework Definition, refinement, yang nantinya akan digunakan dalam pengembangan website GoRizki yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi dari perancangan desain tersebut akan diuji kembali menggunakan metode UEQ.
Hasil evaluasi menunjukkan penilaian positif dari pengguna website GoRizki terhadap usability desain, dengan nilai rata-rata yang tinggi. Nilai rata-rata keseluruhan adalah 2,28 dari skala 3 dengan kategori “excellent”. Evaluasi menunjukkan hasil positif dengan nilai 2,35 untuk Attractiveness, 2,23 untuk Pragmatic Quality serta 2,34 untuk Hedonic Quality. Kesimpulannya, desain User Interface telah berhasil mencapai tujuan utama untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna website GoRizki Jember.