Migrasi Pop Sebagai Upaya Peningkatan Jaringan Pelanggan Pln Icon Plus Kp Yogyakarta Di Area Wates. Ivan Ariesna Nugroho, NIM E32222352, Tahun 2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Bapak Bekti Maryuni Susanto, S.Pd.T, M.Kom,. (Dosen Pembimbing), Nadia Aulia Anindia A.Md, Ak. (Pembimbing Lapang)
Politeknik Negeri Jember merupakan salah satu perguruan tinggi yang berfokus pada Pendidikan vokasional, yaitu Pendidikan yang mengarah pada proses belajar mengajar pada tingkat keahlian, keterampilan dan standar kompetensi yang berkualitas tinggi serta relevan dengan kebutuhan dunia industry. Salah satu kegiatan Pendidikan akademi yang dimaksud adalah Magang.
Penulis mengambil tempat magang di PT. Indonesia Comnets Plus yang biasa dikenal sebagai PT. PLN Icon Plus Kantor Perwakilan D.I.Y. dengan brand yang sering kita kenal yaitu ICONNET, Perusahaan ini bergerak dalam bidang pelayanan Internet Broadband dan Internet Broadband+TV dengan jaringan Fiber Optic yang memiliki hak eksklusif pada RoW (Right of Way) PLN. Perusahaan ini beralamatkan di Jl. Urip Sumoharjo No.103-F, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222. PT. Indonesia Comnets Plus Indonesia didirikan pada tanggal 3 Oktober 2000, ICONNET memprioritaskan segmen menengah ke bawah karena memiliki potensi pasar terbesar serta efisiensi operasional yang lebih baik.
Di PT. Indonesia Comnets Plus penulis selaku mahasiswa magang selalu dibimbing oleh pembimbing lapang dan tim leader divisi, salah satunya untuk menjelaskan kegiatan selama menjalani magang di Perusahaan Icon Plus unit Layanan D.I Yogyakarta, seperti lingkungan kerja, alur pekerjaan sehari-hari, perkerjaan yang dikerjakan seperti Pemeliharaan Join Box, Tracing Core, Pemeliharaan Shelter, dan semua pekerjaan yang sesuai ranah divisi OPHAR